TNI/Polri, Metro dan OKP Bentuk Posko Kemanusiaan Terdampak Covid-19

TNI/POLRI, Metro Entertaint, sejumlah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan media membentuk Posko Kemanusiaan terdampak Covid 19. Kegiatan berlangsung di Metro Entertaint, Sabtu 18 April 2020.

Membuka pertemuan, Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari Sik, menjelaskan kegiatan ini sebagai gerakan kemanusiaan. Sepantasnya Baubau melakukan langkah kemanusian untuk mencegah agar dampak buruk dari Covid 19 dapat tercegah.

“Dengan Satgas Gugus Tugas di Baubau, salah satunya yang belum terexplor adalah pengelolaan bantuan. Banyak keluarga besar Baubau ingin berpartisipasi, namun masih berdiri sendiri,” ujarnya.

Kegiatan dihadiri dan diini Dandim 1413 Buton Tetkol Inf Arif Kurniawan, AKBP Rio Chandra Tangkari SIk, Toni Metro. Turut hadir LMND Sultra, LMND Baubau, HMI, PWI, AJI, dan Baubau Kreatif, staf Kodim 1413 Buton dan Polres Baubau.

Banyak inisiatif pribadi dalam memberikan bantuan di Kota Baubau namun dinilai banyak tumpang tindih dan belum maksmal. “Berangkat dari rasa kemanusiaan ini, dipelopori Tony Metro dan didukung kita semuanya, kita berharap gerakan ini menjadi kekuatan bersama untuk menerima menyalurkan dan memastikan tepat sasaran,” tambah Rio.

Kegiatan hari ini sebagai brand forming yakni bagaimana kepada masyarakat. Bagaimana kita bisa memperhatikan keluarga kita yang betul-betul terdampak terutama yang profesinya harus bekerja baru bisa mendapatkan uang.

Dengan siklus ini kondisi ekonomi stagnan, bahkan banyak perusahaan harus meliburkan bahkan mem-PHK-kan karyawannta. Menurut dia, jika ini tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi gejala sosial yang abnormal.

Pada kesempatan itu, Dandim Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan, berharap niat tulus yang direncanakan bersama bisa berjalan dengan baik. “Kegiatan sosial ini salah satu inisiatif Tony yang melihat kondisi hari ini banyak kegiatan yang tumpang tindih,” tambahnya.

Menurut dia, setidaknya semua elemen msyarakat yang terdampak Covid 19 bisa merasakan bantuan. Karena banyak orang-orang yang memiliki kepedulian tadi, tidak tahu mau menyalurkan bantuannya kemana, makanya posko ini akan menjadi tempat penyaluran.

Oner Metro Entertain, Tonni Lim Putra, mengatakan puasa Ramadhan1441 H tinggal enam hari lagi. Menurut dia, banyak karyawan yang diberhentikan pada situasi Covid 19 ini.

“Di sahur pertama mungkin mungkin akan berjuang bagaimana mendapatkan ayam. Sedangksn yang berhenti kerja, kini jangankan seekor ayam membeli beras pun mungkin sulit,” ujarnya.

Kegiatan ini adalah kita akan lakukan apa? Karena kita tidak bisa lakukan sendiri, untuk itulah posko bersama dibuat. Karena prinsipnya bantuan kalau tidak terorganisir bersama, nanti bantuan bisa dobol.

Secara teknis, data penerima akan dikumpul oleh Babinsa dan Babinkamtibmas, siapa dan bagaimana penyaluran bantuan. Posko direncanakan akan buka 24 jam dan akan termonitor melaui layar proyektor mengenai bantuan yang terkumpul dan yang telah disalurkan.(*)

You might also like More from author

Comments are closed.