Umar Samiun Bawa Beras 1.058 Karung

BUTON- Ditengah pandemi Covid-19 dan dalam suasana Ramadhan, Samsu Umar Abdul Samiun menyempatkan diri berkeliling kesejumlah Desa di Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), guna melihat langsung keadaan masyarakat yang terdampak Covid-19, Minggu (17/05/2020).

Dalam kunjungan itu, Umar Samiun sekaligus membagikan bantuan beras secara cuma-cuma. Sedikitnya 1058 karung beras 10 kg dibagi untuk masing-masing Kepala Keluarga (KK) yang tersebar dibeberapa Desa. moRinciannya, Desa Kamelanta 194 KK, Deosa Barangka 300 KK, Desa Benteng 140 KK, Desa Nambo 254 KK, Desa Suandala 170 KK.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada masing-masing kepala desa dan sejumlah perwakilan warga. Hal itu dilakukan guna menjaga physical distancing atau menjaga jarak serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pantauan media ini, seribuan karung beras itu diangkut dan diantar langsung ke setiap kantor desa tujuan menggunakan satu mobil truck dan tiga mobil open cup L300. Awalnya, 1218 karung yang akan dibagikan. Hanya saja, jatah beras untuk desa Lawele ditunda penyalurannya berhubung tidak adanya koordinasi dengan Kepala Desa.

Saat menyalurkan bantuan itu, Umar Samiun mengajak serta dua puteranya, Odianov Chaliullah Almondo (23) dan Pangeran Qian Santang. Kedua puteranya itu ikut serta menyerahkan bantuan secara simbolis. Bahkan tidak canggung bergabung dan ikut menurunkan karung beras dari atas mobil.

“Bapak (Umar Samiun) mengajarkan kami anak-anaknya untuk selalu menanamkan rasa empati, dimana seseorang mampu merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik, dan cenderung ingin membantu,” beber Almondo.

Lebih lanjut dipaparkan Elmondo, sebagai makhluk sosial rasa empati merupakan hal yang perlu dimiliki oleh setiap orang.

Bukan hanya orang dewasa saja, rasa empati juga harus ditanamkan sejak dini pada diri seseorang. Olehnya itu, dia mengajak serta adiknya, Kian Santang untuk ikut berkeliling, berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

“Kami selalu diajak berkeliling untuk melihat lingkungan sekitar. Ada banyak orang yang tidak seberuntung dalam hidup. Kebiasaan melihat penderitaan orang lain akan melembutkan hati,” kata Almondo.

Sementara itu, Kepala Desa Kamelanta, Zurfin mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan beras yang diserahkan Umar Samiun. Demikian halnya kepala Desa Barangka, Suharman ST. Dia berharap, langkah yang ditempuh Umar Samiun bisa menjadi contoh dan diikuti warga lainnya yang punya ekonomi mapan.

“Tentunya bantuan ini sangat membantu warga kami ditengah maraknya pandemi Covid-19. Terlebih lagi dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan serta menjelang perayaan Idul Fitri,” papar Kepala Desa Nambo, Sarman.

Demikian halnya Kepala Desa Suandala, Janaena. Memberikan apresiasi terhadap bantuan yang diberikan Umar Samiun dan Keluarga.

“Semoga beliau (Umar Samiun) semakin di berikan rezeki yang banyak dan umur panjang untuk selalu bersama-sama dengan masyarakat,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Samsu Umar Abdul Samiun menghimbau semua elemen masyarakat bersama pemerintah daerah diharapkan bisa bekerja secara maksimal dalam menanggulangi pandemi virus Covid-19.

“Pentingnya dukungan semua pihak supaya terus dengan sigap untuk berjuang dan berikhtiar secara bersama-sama dalam menangani virus Covid-19, agar kita dapat secepatnya melewati wabah ini. Sehingga, sektor sosial budaya, ekonomi, pendidikan, dan sektor pariwisata dapat kembali normal seperti sedia kala,” ungkapnya. (Adm)

You might also like More from author

Comments are closed.