Rapid Tes Gratis Hari Kedua, 11 Orang Dianjurkan Melalui Jalur Mandiri

BAUBAU-Hari kedua rapid tes semesta secara gratis yang dilakukan Gugus Covid 19 Kota Baubau diikuti puluhan warga. Juru Bicara Gugsu Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid 19 Baubau dr. Lukman menyatakan, rapid tes pada hari kedua dihadiri sebanyak 51 orang. Namun hanya 40 orang diantaranya yang dapat dilayani.

Sisanya sebanyak 11 orang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau rapid tes secara mandiri. Pemeriksaan atau rapid tes secara mandiri dapat dilakukan di Rumah Sakit siloam atau Maxima.

Dijelaskan, giat rapiet tes gratis yang diadakan gugus Covid 19 Kota Baubau adalah untuk mengantisipasi dan melayani adanya warga Baubau yang akan bepergian keluar daerah, khususnya para pelajar yang akan melanjutkan kuliah.

“Rapit tes semesta menyasar orang orang yang akan melakukan perjalanan sesuai dengan surat edaran gugus tugas covid 19 nomor 5 tahun 2020” kata dr. Lukman.

Sehubungan dengan surat edaran tersebut, maka pada hari kedua rapid tes semesta yang bisa dilayani hanya 40 orang dan itu memenuhi ketentuan sebagaimana yang diatur dalam surat edaran gugus tugas covid 19 pusat.

“Sesuai surat edaran tersebut, yang dapat kami layani hanya TNI/Polri dan ASN yang akan bepergian karena tugas dinas dan masyarakat yang akan melakukan perkuliahaan. Diluar itu kita arahkan untuk memeriksakan diri ke Maxsima atau RS. Siloam,” ujarnya.

Meski begitu, warga yang mengikuti raid tes secara mandiri hasil pemeriksaan tetap harus dibawa ke gugus Covid untuk mendapat surat pengantar atau surat keterangan sesuai hasil pemeriksaan kesehatan dari RS Siloam atau Maksima.

Kalau saat rapid tes ditemukan ada yang reaktif, maka sesuai protokol kesehatan akan langsung dipisahkan pada tempat atau tenda yang sudah disediakan, dipisahkan dari kelompok utama yang sedang melakukan pemeriksaan. Diambil datanya langsung dikirim ke surveilanch dinas, lalu diteruskan ke puskesmas wilayah domisili untuk melengkapi data dan informasi.

Sejauh ini, ratusan warga yang mengikuti rapid tes gratis keseluruhan non reaktif. “Kita menyiapkan kira kira 300 samapai 500 rapid tes dalam rangka menagantisipasi dan melayani masyarakat yang akan bepergian meninggalkan Kota Baubau maupun yang tibadi Baubau (is)

You might also like More from author

Comments are closed.