Bupati Busel Serahkan Bantuan untuk Kube, BNI Siap Dukung dengan Kredit Usaha Rakyat

BATAUGA-Bupati Buton Selatan, H La Ode Arusani yang didampingi Pelaksana Pimpinan BNI 46 Baubau, Awaluddin, menyerahkan bantuan stimulan untuk kelompok usaha bersama (Kube) di Kabupaten Buton Selatan. Bantuan yang bersumber dari pemerintah pusat melalui kementerian sosial RI ini diserahkan langsung Arusani kepada tiga kelompok usaha bersama yang rekening tabungannya telah dicetak BNI.

Warga Buton Selatan yang menjadi peserta Kelompok Usaha Bersama menghadiri penyerahan bantuan Kube secara simbolis di Lapangan Voli Desa Gaya Baru Kecamatan Lapandewa Kamis 11 Juni 2020 (FOTO;KEPTONNEWS.COM)

Penyerahan bantuan dilakukan di tribun lapangan voli Desa Gaya Baru Kecamatan Lapandewa sekira pukul 11:00 Wita. Kepala Dinas Sosial Buton Selatan, Taatlan dan Anggota DPRD,
serta seluruh kelompok usaha bersama beserta tenaga pendampingnya turut menghadiri dan menyaksikan langsung penyerahan bantuan.

Tahun ini, BNI adalah bank yang mendapat kepercayaan sebagai penyalur dana bantuan untuk Kube dan bertanggung jawab menyalurkan bantuan tersebut tepat sasaran sampai pada kelompok usaha yang telah dibentuk pemerintah daerah.

Pelaksana pimpinan BNI 46 Baubau, Awaluddin menyatakan, di Buton selatan sedikitnya ada 60 kelompok usaha bersama yang menjadi sasaran penerima dana bantuan.Total dan ayang akan dialirkan untuk Kube Buton Selatan sebanyak Rp. 1,2 miliar dengan alokasi masing masing Kube mendapat Rp 20 juta. Kamis 11 juni 2020, BNI telah memulai menyalurkan bantuan tersebut secara simbolis kepada tiga kelompok usaha bersama.
Sisanya akan disalurkan setelah rekening tabungan kelompok usaha bersama tercetak dan melengkapi persyaratan dan mendapat rekomendasikan pemerintah kabupaten melalui Dinas Sosial.

Saat menyalurkan bantuan secara simbolis, Awaludin menyatakan, BNI sangat berharap agar kelompok usaha bersama di Buton Selatan yang menerima bantuan tahun 2020 ada yang berhasil secara mandiri mengembangkan usaha yang dikelolanya, sehingga BNI nantinya bisa mensuportnya melalui kredit usaha rakyat (KUR) dengan suku bunga yang sangat kecil yakni 6 persen pertahun.

“Jadi kita dari bank berharap usahakan bantuan Rp.20 juta ini betul betul digunakan semaksimal mungkin, sangat besar ini. Saya harapkan uang yang 20 juta jangan dihabiskan sekaligus dan ditarik saat dibutuhkan,” kata awaluddin.

Menurut Awaluddin, jika usaha yang dikelola Kube di Busel ada yang maju dan berhasil tidak tertutup kemungkinan bisa mandiri, maka BNI bisa mensuport untuk pengembangan usaha melalui pendanaan kredit usaha.

“Apabila kelompok kelompok ini bisa berhasil dan bisa mandiri, kami dari pihak BNI akan mensupor lagi dalam bentuk kredit usaha rakyat, dengan suku bunga cukup kecil, yakni 6 persen pertahun atau 0,5 persen perbulan,” ujar Awaluddin saat menyampaikan sambutan. (is)

You might also like More from author

Comments are closed.