Pemkot Bahas Tatanan New Normal

BAUBAU-Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, membahas penerapan tatanan normal baru atau new normal terhadap ASN daerah itu dengan mengikuti surat keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin, di Baubau, Rabu, mengatakan, penerapan normal baru seperti petunjuk-petunjuk yang disampaikan pemerintah pusat akan dilaksanakan meskipun di masing-masing instansi dalam pelayanan kepada masyarakat berbeda.

“Kan berfariasi ada instansi yang melayani langsung masyarakat seperti disdukcapil atau perizinan, tapi ada juga misalnya dinas lingkungan hidup yang tidak melayani langsung masyarakat tetapi anggotanya (pasukan kuning dan hijau) yang kemana-mana,” ujar AS Tamrin, usai mengikuti rapat terkait pembahasan penerapan tatanan normal baru, di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau.

Wali Kota Baubau AS Tamrin didampingi Wakil Wali Kota La Ode Ahmad Monianse, Sekda Baubau Roni Muhtar serta dihadiri kepala organisasi perangkat daerah lingkup Pemkot Baubau, bahwa penerapan tatanan normal baru dilakukan sesuai poin-poin yang umum seperti misal menghindari kumpul-kumpul, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun setiap alih kegiatan.

“Seperti juga misalnya di masjid sebelum shalat dapat dibersihkan dulu dengan disinfektan, tidak usah memakai karpet tetapi masing-masing membawa sajadah sendiri. Kemudian sedapat mungkin wuduh dirumah sehingga menghindari berbondong-bondong untuk berwuduh,” katanya.

Sama halnya dalam penerimaan siswa baru tahun ajaran 2020 yang mulai dilakukan, yang memungkinkan orang berbondong-bondong juga harus dikendalikan secara protokol kesehatan. Sehingga harus diserahkan pengaturan-pengaturan SOP kepada instansi terkait.

“Jadi kita pada dasarnya sesuai keputusan Kementerian Dalam Negeri, ada petunjuknya, secara umum berlaku untuk semua,” ujar Wali Kota Baubau dua periode ini.

Ia mengatakan, keputusan Kementerian Dalam Negeri Nomor 440-842 tahun 2020 tentang perubahan atas keputusan Kemendagri Nomor 440.830 tahun 2020 tentang pedoman tatanan normal baru produktif dan aman COVID-2019 bagi Aparatur Sipil Negara di Lingkup Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah (Pemda).(ADM)

You might also like More from author

Comments are closed.