Tahapan Pilkada Akan Kembali Dilanjutkan: Ketua Bawaslu Muna Ingatkan ASN

MUNA,KEPTONNEWS,COM – Pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia memberikan dampak terhadap berbagai sektor termasuk tahapan Pemilihan Kepala Daerah 2020. Setelah sempat ditunda kurang lebih tiga bulan tahapan pemilihan dipastikan akan kembali dilanjutkan.

Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mengawasi seluruh kegiatan para Bakal Calon kepala Daerah (Bacakada).

Ketua Bawaslu Muna Al Abzal Naim pada saat ditemui oleh awak media Selasa (16/06/2020) menyampaikan bawah walaupun belum adanya penetapan calon, Bawaslu memiliki kewenangan mamantau aktivitas bacakada entah sosialisasi di masyarakat maupun postingan-postingan di Media Sosial (Medsos) dan Whatsapp grup-grup.

Lanjut Bram sapaan akrabnya Al Abzal Naim selain balon, para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk jangan coba-coba terlibat dalam politik praktis. Sudah ada buktinya, sebelum tahapan dihentikan beberapa waktu lalu, ASN banyak yang diproses dan telah mendapat sanksi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) karena terbukti melanggar netralitas.

“Ingat sanksinya itu tegas. Selain berkosekuensi pada ASN sendiri, juga balon bisa didiskualifikasi,” tegasnya.

Bawaslu sendiri sudah membentuk panitia pengawas hingga ke desa. Mereka bertugas membantu Bawaslu dalam mengawasi pemutahiran data pemilih, pelaksanan sosialisasi maupun kampanye serta memproses aduan dan temuan terhadap dugaan pelanggaran.

“Selain temuan, aduan yang masuk kami tindaklanjuti,” tutup Bram.

You might also like More from author

Comments are closed.