Rusman Mulai Selesaikan Satu Persatu Permasalahan di Pasar Laino

MUNA,KAPTONNEWS – Persoalan kebakaran Pasar Sentral Laino Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tak ada habisnya. Aksi protes dari para pedagang terus bermunculan.

Hal itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba ST mulai menyelesaikan satu persatu permasalahan. Kini Ia membangunkan kios untuk menampung para pedagang.

Ada sekitar 400 kios yang mulai dibangun dengan total anggaran Rp 1 miliar. Lokasinya di 130 unit di pelataran gedung pasar dan sisanya 270 di lokasi kebakaran.

” Sudah mulai dibangun. Insya Allah tidak akan lama,” kata Mantan senator DPD RI itu.

Rusman menambahkan sambil kios-kios dibangun, Pemkab juga tengah melakukan verifikasi terhadap para korban kebakaran untuk diberikan berikan bantuan sebesar Rp 5 juta perorangnya. Tujuanya, agar penerima bantuan tepat sasaran dan tidak ada yang dobol.

“Acuananya ada pada buku besar. Setelah itu, akan dilihat apakah aktif berjual dan saat kebakaran barangnya ada atau tidak. Karena, sebagian dari mereka sudah ada yang pindah di gedung baru,” ungkapnya.

“Untuk pemberian bantuan dilakukan bila kios telah selesai dibangun dan sudah ditempati para pedagang. “Cetusnya.

“Dana bantuan itu bersumber dari hasil refocusing tahap dua yang nilai mencapai Rp 5,3 miliar untuk penanggulangan bencana. Kemudian ditambah Bantuan Provinsi (Banprof) sebesar Rp 1 miliar. Dari total Rp 6,3 miliar disisikan untuk anggaran pembangunan kios dan bantuan.” Ungkap Mantan Ketua DPRD Provinsi Sultra itu.

“Jadi dananya sudah ada, tinggal dibagikan saja. Para pedagang ini selain korban juga merupakan terdampak COVID-19,” Bebernya.

” Rusman berharap kepada para pedagang pasar cukup bersabar. Masalah ini pasti akan di selesaikan semua.” pungkasnya. (Fandhy)
Ketgem : Kios-kios pasar di lokasi kebakaran

You might also like More from author

Comments are closed.