Atas Permintaan Masyarakat Desa, Rusman Memberhentikan Kades Korihi

MUNA,KEPTONNEWS.COM – Bupati Muna LM Rusman Emba ST melakukan Kunjungan Kerja (Kunker)
dengan komponen masyarakat di Desa Korihi, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna dan sekalian memberhentikan secara resmi Kepala Desa (Kades) Korihi,Wa Ode Rinaliah dari jabatanya, Senin (6/7/2020).

Dari Pantuan awak media Keptonnews.com kegiatan tersebut turut hadir Bupati Muna LM Rusman Emba, Sekda Muna, Wakapolres Muna, Kapolsek Katobu, Para Staf Ahli, Para Asisten, Para Kepala OPD, Dirut PDAM, Camat Lohia, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan selurah masyrakat Desa Korihi.

Sebelumnya masyarakat Desa Korihi, melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Muna, Kamis (2/7/2020). Menuntut Bupati Muna,  untuk mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian Kedes Korihi. Dengan dugaan korupsi terungkap berdasarkan laporan hasil pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Muna yang menemukan indikasi kerugian negara senilai Rp 135 juta.

Dalam sambutannya Orang nomor satu dibumi sowite itu menyampaikan bawah pemberhentian Kades Korihi dilakukan sesuai mekanisme peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebelum memberhentikan Kades, Pemkab terlebih dahulu melakukan kajian dan verifikasi berdasarkan regulasi selama tiga minggu.

Setelah kita kaji dan didukung surat BPD, maka Kades Korihi kita berhentikan mulai sekarang. Sebagai penggantinya, Rusman menunju Sekretaris DPMD, Safrullah sebagai Plt Kades sementara. Rusman berpesan kepada Pelaksana Kades yang baru untuk segera melakukan konsoliadasi dengan pemerintah desa setempat.

Mantan senator DPD RI itu juga menyampaikan permohonan maaf atas  kejadian bentrokan antara Sat Pol PP dan pendemo dari Korihi di depan Kantor Bupati. Menurutnya, kejadian itu hanya miskomunikasi dan seharusnya tidak terjadi.

Sementara itu, Kaharuddin, perwakilan Badan Pemerhati Dana Desa (Bapeda) Korihi menyampaikan apresiasi terhadap bupati yang telah memberhentikan Kades. Namun, mereka menginginkan agar Plt Kades yang ditunjuk berasal dari Desa Korihi.  Karena, selama ini kades tidak tinggal di Korihi, sehingga proses administrasi masyarakat sedikit terganggu.

Menyikapi permintaan masyarakat terkait Plt Kades harus berasal dari desa, Rusman menyahutinya. Katanya, Sekretaris DPMD, Safrullah hanya sementara menjadi Plt dalam rangka menstabilkan kondisi di desa.

“Plt kita akan tempatkan yang tinggal di Korihi. Kita akan dudukkan bersama dengan masyarakat,” tutupnya (Borju)

You might also like More from author

Comments are closed.