Wujudkan Kamtibmas dalam Suasana Pemilu, KPUD Bersinergi dengan Kepolisian

BAUBAU-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sebagai penyelenggara Pemilu, baik itu Pemilu legislatif maupun Pemilihan kepala daerah terus melakukan pemuktakhiran dan pemeliharaan data pemilih. Hal tersebut juga dilakukan KPUD Kota Baubau, khususnya Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPUD Kota Baubau.

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPUD Kota Baubau, MUHAMMAD MU’MIN FAHIMUDDIN,SP,.M.Si, menyatakan, pemutakhiran dan pemeliharaan data pemilih rutin dilakukan sebagai upaya menyajikan data dan informasi tentang perubahan data. Baik itu perubahan karena jumlah pemilih yang bertambah ataupun faktor lainnya yang mau tidak mau harus dilakukan penyesuaian.

Kegiatan tersebut menjadi salah satu tugas pokok Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPUD Kota Baubau.

“Jadi tugas Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPUD Kota Baubauadalah mengkoordinasikan, menyelenggarakan, mengendalikan, memantau, supervisi, dan evaluasi terhadap kebijakan pemutakhiran dan pemeliharaan data pemilih, pengendalian informasi, dan pengelolaan sarana serta prasarana teknologi informasi,” kata Muhammad Fahimuddin, kepada beberapa anggota Polres Baubau bersilaturahmi di kantornya, 5 Agustus 2020.

Menurutnya, KPUD sebagai penyelnggara Pemilu sangat mengharapkan adanya kerja sama dan kemitraan yang baik dengan semua pihak, termasuk Kepolisian Resort Kota Baubau. Sebab hampir seluruh kegiatan tahapan penyelenggaraan pemilu atau pesta demokrasi melibatkan banyak orang, dan butuh pengawalan rutin anggota kepolisian.

“Sehingga KPUD juga sangat berharap kemitraan dan komunikasi antara KPUD dengan aparat kepolisian akan selalu terbangun dengan baik, dalam rangka mendukung terlaksananya kegiatan penyelenggaraan pesta demokrasi di daerah,” katanya.

Dia menambahkan, faktor keamanan dan ketertiban dalam suasana pesta demokrasi merupakan hal utama yang menjadi perhatian KPUD sebagai penyelenggara Pemilu, karena itu untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif dalam suasana Pemilu dibutuhkan komitmen dan kerjasama yang baik antara KPUD dan Kepolisian. (adm)

 

 

You might also like More from author

Comments are closed.