Debat Publik Digelar Dalam Ruangan Tertutup, Peserta Dibatasi

WAKATOBI -Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 bakal dipastikan berbeda dengan sebelumnya, karena digelar ditengah pandemi Covid19. Kampanye dan debat publik pasangan calon, bakal berlangsung dengan penerapan standar protokol kesehatan yang ketat. Jumlah peserta dibatasi maksimal 50 orang

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi, Abdul Rajab menyatakan, kegiatan kampanye maupun debat publik bisanya berpotensi mengundang kerumunan massa yang banyak. Makanya, selaku penyelenggara Pilkada pihaknya bakal menggAelar kegiatan terbatas di dalam ruangan tertutup yang diikuti paling banyak 50 orang.

“Dalam pertemuan-pertemuan terbatas ini jumlah nya paling banyak hanya 50 orang, itu dilaksanakan di dalam ruangan tertutup dengan jarak kurang lebih satu meter setiap peserta,” papar Abdul Rajab dalam sambutannya di kegiatan Apel bersama Wakatobi bermasker di halaman apel Sekretariat daerah Pemkab Wakatobi, Kamis (10/9).

Pembatasan massa saat giat depat publik dan kamanye diatur dalam PKPU No 10 Tahun 2020  tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19

“Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kita harapkan Wakatobi dalam melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan kita laksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 nanti, terhindar dari wabah atau bencana non alam Covid-19 ini,” pungkasnya.

Dia menambahkan, KPU Wakatobi berkomitmen bahwa dalam pencegahan penularan covid-19 di Wakatobi, makanya KPUD akan mengangkat materi debat publik tentang kebijakan penanganan dan pengendalian Covid-19. Ia berharap agar pemangku berkepentingan megutamakan penerapan protokol kesehatan dalam tahapan Pilkada Wakatobi 2020. Dengan begitu upaya pencegahan potensi penularan wabah Covid 19 di Wakatobi berjalan dengan baik. Apalagi khusus Pulau Wangi-wangi masuk dalam zonah merah.(A-2)

You might also like More from author

Comments are closed.