Anggota Bawaslu RI Berkunjung Di Muna

MUNA,KEPTONNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum Anggota Bawaslu Republik Indonesia (RI) Fritz Edward Siregar turun langsung berkunjung di Kabupaten Muna, dalam rangka menyosialisasikan produk hukum tentang pemilihan Bupati Muna dan wakil bupati Muna periode 2021-2026 yang bertempat di Hotel Asri Mulia, Jalan Sukowati, Jumat (18/9/2020).

Angoota Badan Pengawas Pemilihan Umum Anggota Bawaslu Republik Indonesia (RI) Fritz Edward Siregar Pada Saat Penjemputan Di Pelabuhan Nusantara Raha. FOTO; BORJU/KEPTONNEWS.COM

Dalam pantuan awak media Keptonnews.com kegiatan itu turut hadir, Kopolres Muna yang mewakili, Damdim Muna, Ketua KPUD Muna, Ketua Bawaslu Muna bersama anggotanya dan selurah Panwascan Kabupaten Muna.

Dalam sambutannya Kordiv Hukum, Humas dan Ditan Bawaslu RI, Fritz Edwar Siregar menyampaikan bawah

tugas dan fungsi Bawaslu dalam Pilkada adalah pencegahan, pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa.

Sedangkan untuk pelaporan temuan dugaan pelanggaran bisa dilakukan melalui daring ataupun langsung. Begitu juga dengan prosesnya. “Setiap pelanggaran akan diberi sanksi berupa teguran, administrasi bahkan diskualifikasi terhadap calon,” ungkapnya.

Fritz menambahkan untuk pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi COVID-19, yang harus diperhatikan adalah penerapan protokol kesehatan. Ia berpesan pada Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) dalam pelaksanaan kampanye nantinya, untuk tidak menghadirkan massa dengan jumlah yang sangat besar.

” Untuk itu dibutuhkan kerja sama kita semua agar tidak menimbulkan klaster COVID-19 baru,” Bebernya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim menyampaikan terima kasih pada komisioner Bawaslu RI yang mau memberi pencerahan bagi petugas di lapangan, sehingga nantinya dalam menjalankan tugas sesuai peraturan perundang-undangan berlaku.

“Kita berharap dugaan pelanggaran bisa diminimalisir, sehingga tidak terulang kembali PSU Seperti Pilkada 2015 silam.” Ujarnya.

Untuk itu pengawasan harus terus ditingkatkan, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan.” Pelaksanaan Pilkada menjadi tanggungjawab kita bersama.” Harapnya.(Borju)

You might also like More from author

Comments are closed.