Pemkab Didesak Segara Hadirkan Dokter Spesialis

WAKATOBI -Barisan Orator Masyarakat Kepulauan Buton (BOM Kepton) mendesak Pemkab Wakatobi agar segera mendatangkan dokter spesialis ke Wakatobi. Para aktivis ini menilai, minimnya dokter spesialis sudah lama menjadi keluahan masyarakat yang butuh pelayanan kesehatan.

Korlap Aksi, Roziq Arifin menegaskan, masyarakat Wakatobi resah dengan kondisi ini. Lebih-lebih pasien yang tidak bisa diatasi pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wakatobi, harus dirujuk ke daerah lain karena tidak adanya dokter spesialis dan terbatasnya fasilitas yang dibutuhkan orang sakit.

“Kami meminta kepada Pemerintah daerah dan Direktur RSUD Kabupaten Wakatobi agar secepatnya menghadirkan dokter spesialis ahli demi kenyamanan masyarakat di bidang kesehatan ketika berobat,” ujar Rozik dalam orasinya, Kamis (1/10).

Menurutnya, pelayanan kesehatan ini kebutuhan dasar masyarakat, makanya harus diprioritaskan. Apalagi Wakatobi masih kekurangan tenaga dokter spesialis anastesi, dokter kandungan, dokter anak, dan dokter ahli bedah.

“Kami sangat kecwa dengan kerja Pemerintah daerah. Tolong perhatikan masyarakat. Karena pelayanan di sektor kesehatan adalah kebutuhan dasar masyarakat yang harus di prioritaskan,” paparnya.

Pria yang akrab disapa, La Ode Pendemo juga mamaparkan imbas dari minimnya tenaga dokter spesialis. Kartu BPJS yang dipegang masyarakat tidak berlaku saat digunakan untuk berobat, pasalnya tidak ada dokter penanggung jawab pasien.

“Selalunya pasien di rujuk ke luar daerah, sehingga masyarakat sangat diresahkan dengan kondisi ini. Karena masyarakat yang dirujuk tersebut harus mengeluarkan beban biaya,” ujar Rozik.(A-2)

You might also like More from author

Comments are closed.