Jika Menangi Pilbub Wakatobi, Haliana Siapkan Beasiswa Pendidikan Rp. 5 Miliar

WAKATOBI – Saat berkampanye di Kelurahan Rukuwa, Kecamatan Binongko, pasangan Calon (Paslon) Bupati Wakatobi, Haliana-Ilmiati Daud (HATI) menyampaikan beberapa program penting yang akan dilaksanakan jika memenangi Pilbub Wakatobi tahun 2020. Salah satunya adalah program pendidikan mandiri.

Melalui program tersebut, Paslon dengan akronim “HATI” siap mengalokasikan biaya pendidikan mandiri. Dimana seluruh lapisan masyarakat harus bisa menikmati beasiswa. Mulai dari siswa SD, SMP, SMP dan D3.

“Setiap tahun kita sekolahkan sebanyak 40 orang untuk master atau S2. Minimal 5 orang kita sekolahkan untuk S3,” ujarnya.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Haliana akan usulakan anggaran ke DPRD sebanyak Rp.5 milliar setiap tahun.

“Lima milliar ini juga hanya 5 persen dari APBD kita, tidak banyak, sehingga kedepannya tidak ada lagi keluhan bahwa kita tidak memiliki ekonomi yang bagus sehingga sulit membiayai anak yang bersekolah. Termasuk kita upayakan seragam sekolah kita tanggulangi kita gratiskan ke masyarakat. Kita punya dana bos. Dana bos ini kita suntik sedikit dengan APBD, jadi pasti bisa gratis sekolah,” katanya.

Menurut Haliana, program pendidikan gratis tidak sulit diwujudkan, apabila pemerintah dan DPRD serius. “Nanti kita akan bahas bersama teman-teman DPRD. Dana bos itu jangan hanya semata-mata digunakan untuk membangun fisik saja, tetapi kita pikirkan bagaimana bisa lebih banyak menyentuh kegiatan siswa dan guru yang selama ini belum maksimal mendapat porsi anggaran,” ujarnya.

Sementara untuk program kesehatan mandiri, Paslon HATI akan memprogramkan satu desa satu perawat yang akan digaji oleh pemerintah daerah. Tentu saja ada beberapa mekanisme perekrutan. “Massa satu desa satu orang perawat tidak bisa. Untuk apa? tentu saja untuk tempat konsultasi kesehatan bagi masyarakat di desa. Dengan begitu warga tidak perlu bepergian jauh jika hanya butuh konsultasi karena akan ada tempat konsultasi di desa. Untuk memudahkan warga mendapat layanan kesehatan, maka seluruh masyarakat Wakatobi harus dijamin asuransi kesehatannya seratus persen. (A-1)

You might also like More from author

Comments are closed.