Jelang Pilkada, Bawaslu Kabupaten Wakatobi Gencar Lakukan Patroli Pengawasan.

WAKATOBI-Pengawasan untuk memastikan ketersediaan dan pendistribusian logistik pemilu oleh KPU, maupun aktivitas politik uang.

Ketua Bawaslu Wakatobi, La Ode Muhammad Arifin mengatakan terkait logistik, pendistribusian dilakukan selama dua hari, yakni sejak 7-8 November 2020.

“Hari ini di Ibu Kota Wangi-wangi juga akan di distribusikan hingga ke desa-desa/PPS. Itu yang kita pastikan saat ini termasuk informasi terkait politik uang tentunya,” jelas Arifin saat dikonfirmasi Selasa (8/12/2020).

Arifin juga memastikan pendistribusian logistic di Pulau Runduma sebagai wilayah terluar Wakatobi sudah dilakukan sejak Senin malam dan berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah cuaca bersahabat, dan kami selalu berkoordinasi dengan KPU dan pihak kepolisian dalam hal proses pendistribusian, struktur kami juga ada yang terus mengawasi. Tidak ada kendala sama sekali,” tambahnya.

Arifin menambahkan sejauh ini Bawaslu Wakatobi telah mendapati 35 temuan pelanggaran netralitas ASN, dan sedikitnya ada 44 ASN telah direkomendasikan ke Komisi Aparatur Supil Negara (KASN) karena diduga menabrak netralitasnnya dengan mendukung salah satu pasangan calon melalui sosial media.

“Mereka tersebar di Empat pulau besar, Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko. Umumnya keberpihakan dan sikapnya di media sosial, sementara Dua diantaranya atas tindakannya dianggap keberpihakan,” terangnya.

Sementara itu terkait politik uang lanjutnya, sampai saat belum ada laporan, kendati demikian seluruh jajaran Bawaslu akan semakin mawas memantau pergerakan tim paslon maupun pemilih yang berpotensi melakukan money politik termasuk serangan fajar.

“Kami berharap kepada masyarakat, terdaftar dalam DPT, yang belum memiliki KTP segera mengurusnya di Dukcapil dan memastikan surat pemberitahuan C6 sudah diberikan oleh KPU. Dan yang tidak kalah penting adalah menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes),” harapnya.(adm)

You might also like More from author

Comments are closed.