Polres Baubau Galang Komunikasi Dengan Kelompok Pemuda, Bersama Bangun Suasana Kamtibmas

BAUBAU-Langkah Polres Baubau menjaga suasana Kamtibmas diwilayah hukumnya terus menjadi perhatian. Melalui Satuan Intelkam dengan melakukan pendekatan khusua dengan sejumlah kelompok pemuda di Kota Baubau.

Dipimpin Kanit IV, Aiptu Razak melakukan kunjungan terhadap salah satu kelompok pemuda di Kelurahan Tomba agar senantiasa menjaga kamtibmas bersama sehingga segalah sesuatu masalah bisa silakukan dengam pendekatan musyawarah. Apalagi, maraknya kejadian selama ini akibat pengaruh minuman keras (Miras).

“Tujuan kita mengajak semua kelompok pemuda bersama-sama menjaga suasana kamtibmas di Kota Baubau.  Terhadap kelompok pemuda untuk tidak melakukan perbuatan melanggar hukum yang dapat memicu terjadinya pertikaian antar kelompok di Kota Baubau, “kata Razak.

Sementara itu,  Alun Aziz salah perwakilan kelompok pemuda di Kota Baubau menjelaskan maraknya kejadian tindak pidana yang sering terjadi di Kota Baubau dipicu oleh minuman beralkohol serta dendam dari para pelaku tersebut. Termasuk adanya informasi Hoax yang berhembus dimasyarakat.

“Harapan kita agar pihak Polres Baubau dapat melakukan pendekatan terhadap kelompok pemuda yang sering bertikai agar dilakukan konsolidasi bersama untuk mencari solusi dari permasahalaan yang lama sehingga tidak mengakibatkan terjadinya dendam yang dapat memicu terjadinya aksi saling balas,”harapnya.

Situasi kamtibmas yang kondusif di Wilayah Hukum Polres Baubau merupakan harapan dari semua masyarakat khususnya bagi pelaku usaha sehingga tidak dibayangi oleh perasaan takut dan was-was dalam melakukan aktifitas kesehariannya.

Tingginya angka kriminalitas dipicu oleh kurangnya kesadaran dari masyarakat dimana disetiap permasahalaan yang terjadi diselesaikan secara kekerasan atau main hakim sendiri bukan dengan musyawarah mufakat yang merupakan ciri khas dari kearifan lokal masyarakat Buton. Maraknya peredaran Minuman beralkohol  di wilayah Kota Baubau merupakan salah satu pemicu dari sering terjadinya tindak kejahatan di Kota Baubau khususnya dilakukan oleh remaja maupun pemuda usai mengkonsumsi minuman berlakohol.(*)

You might also like More from author

Comments are closed.