Polres Baubau Terus Sampaikan Pesan Kamtibmas Kepada Kelompok Pemuda

BAUBAU, -Polres Baubau melalui Satuan Intelkam terus melakukan upaya dan pendekatan terhadap semua kelompok pemuda di wilayah hukumnya.  Hal ini dilakukam agar kondusifitas Kamtibmas tetap terjaga.

Kanit IV Satintelkam Baubau, Aiptu Razak mengatakan, wilayah Hukum Polres Baubau yang terbagi dalam 3 wilayah Administrasi yakni Kota Baubau, Kab. Buton Tengah dan Kab. Buton Selatan (Kec. Kadatua dan Kec. Batu Atas), dalam perjalanannya terkait potensi terjadinya tindak pidana yang dapat mengganggu situasi kamtibmas yang kondusif banyak dilakukan oleh para pelaku yang berusia belia antara umur 15 -37 tahun. Lapangan pekerjaan yang terbatas mengakibatkan tingginya angka kejahatan berupa premanisme dari berbagai kelompok yang ada di Kota Baubau

Salah satu penyebab maraknya pelaku tindak kejahatan yang terjadi dikota Baubau adalah minuman beralkohol yang banyak tersebar diberbagai wilayah baik minuman keras tradisional jenis (Arak dan Konau) maupun minuman keras dalam kemasan botol.

“Jadi yang menjadi titik berat yang kita lakukan menyampaikan pesan kamtibmas yaitu tidak mengkonsumsi miras, tidak membawa senjata tajam serta tidak menyelesaiakan masalah dengan kekerasan melainkan melalui jalur komunikasi yang baik berupa musyarawah mufakat dengan melibatkan pihak keamanan maupun pemerintah serta tidak menerima informasi yang tidak benar (HOAX) sehingga dapat memicu terjadinya perselisihan yang berdampak pada terjadinya tindak pidana,”ungkapnya.

Senada dengan Ali Munir yang juga perwakilan kelompok pemuda si Kota Baubau mengatakan,  dalam menyikapi suatu permasahalaan sebaiknya tidak melakukan suatu tindakan yang melanggar hukum sehingga tidak menimbulkan masalah baru yang berdampak pada terjadinya tindak pidana, peran aktif dari pihak Pemerintah Kota Baubau dan Polres Baubau sangat diharapkan dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dengan melakukan upaya penertiban terhadap para pelaku penjual miras yang ada di Kota Baubau serta melakukan himbauan kamtibmas dan patroli pada jam dan tempat-tepat rawan yang sering terjadi tindak pidana.

“Suatu daerah akan dinilai baik jika situasi Kamtibmas yang kondusif di daerah tersebut dapat selalu terjaga yang merupakan harapan dari semua pihak sehingga dalam setiap kegiatan dapat dilakukan secara nyaman tanpa adanya rasa takut,”ungkapnya. (*)

You might also like More from author

Comments are closed.