Buka Festival Kuliner, Ini Pesan Walikota Baubau Kepada Genersi Muda. “Jangan Malu MAKAN KAMBUSE, KASUAMI, SINONGGIH”

KENDARI-Walikota Baubau Dr.H.AS.Tamrin,MH berhasil menarik perhatian warga Kota Kendari yang hadir pada Festival Kuliner Tradisional Bumi Anoa, Sabtu(23/01/2021). Dalam acara ini, Walikota Baubau didaulat untuk membuka festival yang dilaksanakan Pancana Institut Sultra sebagai lembaga yang berorientasi pada pelestarian budaya.

Selain AS.Tamrin, turut hadir dalam acara ini yakni Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara Drs.Asrun Lio,M.Hum dan Ketua Dewan Pakar Pancana Institut DR. Sumiman Udu, M. Hum dan Ketua Pancana Institut Sultra Dina Muslimin Ahi. Sedang, Walikota Kendari Sulkarnain, SE berhalangan hadir karena memiliki tugas di luar kota. Meski begitu, ia sangat mendukung pelaksanaan acara tersebut. Hal ini disampaikan Kadis Disbudpar Kota Kendari sebagai pejabat yang mewakilinya di acara tersebut.

Ketua Pancana Institut Sultra Dina Muslimin Ahi dalam sambutannya menyampaikan kekagumannya kepada Walikota Baubau Dr.H.AS.Tamrin,MH yang sudah meluangkan waktunya guna menghadiri acara ini walaupun harus menyebrangi lautan. Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya pada Kadis Dikbudpar Sultra Asrun Lio, Walikota Kendari dan ratusan undangan yang sangat mendukung acara ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada ratusan undangan yang hadir, khususnya bagi Bapak Walikota Baubau yang sudah jauh-jauh datang dari Baubau hanya untuk menhadiri acara ini. Sekali lagi terimah kasih atas suportnya, pak” kata Dina saat membuka sambutannya.

Mendapat kepercayaan untuk membuka acara ini,Walikota Baubau AS.Tamrin balik menyampaikan terima kasihnya kepada panitia penyelenggara(Pancana Institut) karena sudah mengundangnya.

“Sebenarnya saya yang harus berterima kasih, karena diundang sekaligus dipercayakan untuk membuka acara ini. Saya anggap ini sebagai wujud penghargaan buat saya dan terima kasih untuk semua ini” kata AS. Tamrin dalam membuka sambutannya.

Terhadap Festival Kuliner Tradisional Bumi Anoa, Walikota Baubau dua periode ini mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Menurtnya semua kegiatan yang berbau budaya bagus untuk terus dibumikan agar terus lestari di setiap zaman.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini, apalagi para panitia penyelenggaranya semua anak muda. Ini sangat bagus karena kedepan tentunya tongkat estafet akan berlanjut di tangan pemuda” jelas Tamrin menyampaikan apresiasinya.

Dalam kesempatan ini, sambutan yang sangat mendapat aplus meriah dari ratusan undangan yakni pesannya kepada generasi mudah baik untuk tamu undangan maupun para panitia agar tidak malu dalam melestarikan kuliner tradisional yang ada di Sultra.

“Jadi sebagai pesan saya kepada generasi muda agar tidak perlu malu dalam melestarikan kuliner budaya kita. Jangan malu kalau MAKAN KAMBUSE, KASUAMI, SINONGGIH karena sejumlah kuliner yang kita miliki ini tidak akan menjadikan kita bodoh dan tertinggal. Jujur saja, dari kecil sampai sekarang saya sudah makan KAMBUSE KASUAMI, dan Alhamdulillah saya jadi juga Walikota,”kata AS.Tamrin yang mendapat aplus meriah semua undangan yang hadir.

Dikesempatan yang sama Kadis Dikbudpar Sultra, Drs.Asrun Lio,M.Hum sependapat dengan apa yang disampaikan Walikota Baubau bahwa Festival Kuliner Tradisional perlu dilestarikan dan dikembangkan dalam skala yang lebih besar yang melibatkan semua jenis-jenis kuliner yang asa dan dimiliki masyarakat yang ada di Sultra.

“Jadi kami dari Pemprov dan saya selaku Kadis Dikbudpar Sultra sangat mengapresiasi festival yang digagas Pancana Institut,apalgi semua kepanitiannya adalah adik-adik mahasiswa yang memiliki perhatian terhadap pelestarian budaya kita,” Kata Kadis Dikbudpar Sultra menyampaikan dukungannya.(adm)

You might also like More from author

Comments are closed.