Ratusan Kapal Nelayan Wakatobi Kantongi Dokumen Pas Kecil

WAKATOBI -Berjumlah sebanyak 126 unit kapal nelayan warga Kabupaten Wakatobi, kini telah dilengkapi dengan dokumen pas kecil yang diberikan secara gratis oleh pusat.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Wanci, Arman Saleh mengungkapkan, pas kecil ini merupakan dokumen penting bagi para nelayan di Wakatobi sebagai bukti kepemilikan kapal, surat tanda kebangsaan, dokumen kelengkapan berlayar, jaminan kredit usaha serta memudahkan pendataan.

“Gerai Maritim Pengukuran Kapal Nelayan ini, merupakan program penting dan strategis. Khususnya bagi Pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan potensi sektor kemaritiman, sebagai motor penggerak dan pendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Wakatobi,” jelas Arman Saleh, lewat press release yang diterima media ini pada Rabu 10 Februari.

Katanya, program ini merupakan komitmen nyata dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Direktorat Jendral Perhubungan Laut yang difasilitasi oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Wanci bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Wakatobi.

Dari hasil pendataan sementara lanjut dia, sebanyak 126 kapal nelayan kecil di Wakatobi dibawah 7 GT, telah dilakukan pengukuran, penertiban serta penyerahan secara simbolis dokumen pas kecil yang diwakili masing-masing pemilik kapal di Pelabuhan Pangulubelo, Wanci pada Senin 8 Februari kemarin.

Total ada 289 kapal yang telah terdaftar untuk selanjutnya di lakukan pengukuran, sembari menunggu pihak pemilik kapal lainnya memenuhi berkas persyaratan.

“Sesuai amanah Undang Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran bahwa Setiap Kapal yg berlayar dilaut wajib memiliki Surat Tanda Kebangsaan Kapal,” terangnya.

Kantor UPP Wanci juga memberikan edukasi kepatuhan masyarakat akan pentingnya keselamatan pelayaran serta penegakan hukum (Law Enforcement).

“Direktur Perkapalan dan Kepelautan melalui Kantor UPP Wanci, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan kegiatan Gerai Maritim Pengukuran kapal nelayan <GT 7, serta menghimbau masyarakat nelayan khususnya di Kabupaten Wakatobi untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini karena pelaksanaannya gratis tanpa dipungut biaya,” pungkasnya.(adm) ok

You might also like More from author

Comments are closed.