Bahlil Lahadalia akan Kunjungi Pabrik Aspal Buton

PASARWAJO – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, S.E. diagendakan bakal berkunjung di Sulawesi Tenggara (Sultra) guna meninjau lokasi tambang dan pabrik aspal yang ada di Kabupaten Buton.

Kepastian kunjungan itu dibenarkan Bupati Buton, Drs. La Bakry, MSi saat menjawab pertanyaan sejumlah wartawan, Kamis 25 Februari 2021. Dikatakan Kepala BKPM rencananya akan mengunjungi Kabupaten Buton akhir pekan ini.

Nantinya, Kepala BKPM bersama rombongan tiba melalui Kota Kendari dan akan dijamu oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi di Kota Kendari, Sabtu 27 Februari 2021. Rombongan baru akan bertolak ke Buton pada hari Minggu 28 Februari 2021.

“Pak Menteri (Kepala BKPM) tiba bermalam sehari di Kendari dan bersama pak Gubernur Sultra akan ke Buton pada hari Minggu 28 Februari 2021,” ungkap La Bakry,

Pemkab Buton telah melakukan berbagai persiapan untuk menjamu kedatangan rombongan Kepala BKPM dan Gubernur Sultra. Pemkab Buton juga akan melakukan penjemputan di Kota Baubau.

“Nanti kami juga akan jemput di Baubau. Sebelum ke Buton pak menteri juga akan dijamu Wali Kota Baubau, dari sana kemudian menuju lokasi pabrik aspal di Kabupaten Buton,” ujarnya.

Dikatakan ada dua lokasi pabrik tambang aspal yang akan dikunjungi di Kabupaten Buton. Satu pabrik yang teknologinya menggunakan peralatan yang didatangkan dari luar negeri, dan ada satu pabrik juga yang dimiliki oleh Samsu Umar Abdul Samiun yang teknologinya murni menggunakan peralatan dan teknologi dalam negeri.

Kedua pabrik ini kita harapkan bisa dikunjungi oleh pak Menteri, jika semua berjalan lancar diharapkan pabrik aspal yang ada di Buton mendapat dukungan dalam meningkatkan skala produksinya.

“Semoga semua berjalan seperti harapan kita semua, sehingga aspal Buton nantinya akan berkontribusi tidak hanya untuk nasional namun juga untuk kebutuhan ekspor,” ungkap La Bakry.

La Bakry mengakui pemerintah pusat saat ini memberikan perhatian yang serius terhadap potensi aspal yang dimiliki Kabupaten Buton. Hal itu tidak terlepas dari muara rangkaian koordinasi yang dilakukan oleh Bupati Buton yang sebelumnya dipimpin Samsu Umar Abdul Samiun, kemudian dirinya melanjutkan proses tersebut dengan terus membangun koordinasi sampai ke Presiden RI.

Dari berbagai upaya yang dilakukan, akhirnya perjuangan Pemkab Buton mendapat respon positif dari Presiden RI, Joko Widodo. Hal itu ditindaklanjuti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan yang ditugaskan Presiden untuk mengkoordinir kementerian terkait dan para pengusaha.

Persiapan juga telah dimatangkan sampai pada proses pendistribusian aspal yang nantinya akan dilakukan sampai ke luar buton. Salah satunya dengan meninjau lokasi pelabuhan Tanjung Perak yang nantinya digunakan untuk mendistribusikan aspal Buton guna memenuhi kebutuhan secara nasional maupun ekspor.

“Semoga kunjungan Pak Menteri (Kepala BKPM) nantinya membawa peluang investasi besar-besaran terhadap potensi aspal yang dimiliki Buton,” papar La Bakry. (adm)

You might also like More from author

Comments are closed.