Asisten III Busel: Pencegahan Stunting Harus Dilakukan Sejak Dini

BATAUGA, KEPTONNEWS. COM-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, menggelar kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi. Kegiatan kali merupakan aksi yang ke 7 yaitu pengukuran dan publikasi data stunting guna memperoleh data prevalensi stunting terkini pada skala layanan puskesmas tingkat kecamatan, desa/kelurahan sekabupaten Buton Selatan, pada kamis, 30 September 2021, di Hotel Al-Safitri, Batauga.

Program kegiatan yang diselenggarakan langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Selatan tersebut, dibuka oleh Asisten III Setda Buton Selatan, La Ode Harwanto, dan petemuan itu turut dihadiri Plt Kadis Kesehatan, tim Iney Bangda Kemendagri Regional 5 Makasar, sejumlah perwakilan OPD, Camat, Kepala Desa, Tim PuskesmasPuskesmas serta Programer Gizi Kabupaten Buton Selatan.

Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten III, La Ode Harwanto, bahwa, pencegahan stunting sangat penting dilakukan sedini mungkin untuk membebaskan anak Indonesia terkhusus di Buton Selatan dari terlambatnya perkembangan otak yang menyebabkan tingkat kecerdasan anak tidak maksimal.

Lebih lanjut, dikatakannya, stunting balita masih banyak terjadi di Buton Selatan sehingga dapat memungkinkan terhambatnya upaya peningkatan kesehatan masyarakat serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

“Saya meyakini bahwa semua yang hadir pada pertemuan ini merupakan ujung tombak atau garda terdepan yang tugasnya sangat mulia untuk menurunkan stunting di Kabupaten Buton Selatan”, kata Asisten III, La Ode Harwanto.

Untuk diketahui, saat ini Kabupaten Buton Selatan, berada pada tingkat 30,10% dan pada tahun 2014 diupayakan berada pada tingkat 14% sesuai dengan program strategi nasional (Stranas) 2018-2024.

Sementara itu, tim Iney Bangda Kemendagri regional Makasar, Lukman Nurhakim, berharap, dengan adanya pertemuan aksi 7 ini, data hasil pengukuran status gizi terutama prevalensi stunting balita diseminasikan juga pada pertemuan baik mini lokakarya bulanan dan pertemuan lintas program maupun lintas sektor OPD terkait. (Adm)

You might also like More from author

Comments are closed.