Dispora Baubau Upayakan Bagun GOR

BAUBAU- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara terus menunjukkan semangatnya dalam memajukan olahraga di daerah, salah satunya dengan menggenjot pembangunan Gedung Olahraga (GOR) tahun 2020 sebagai salah satu syarat sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-14 tahun 2022.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau La Ode Darusalam, Senin mengatakan, segala persiapan sudah dipenuhi dan dalam waktu dekat dirinya akan menghadap ke Pemerintah pusat untuk mendapatkan anggaran melalui dana alokasi khusus (DAK).

“Pembangunan GOR ini merupakan salah satu bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk menjadikan Baubau sebagai tuan rumah empat tahunan diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Tenggara ini,” ujaranya.

Lahan seluas 20 hektar untuk pembangunan gedung olahraga (GOR) di Kelurahan Lowu-lowu Kecamatan Lea-lea juga telah dipersiapkan Pemkot Baubau, dengan harapan sarana penunjang kegiatan para atlet tersebut segera terealisasi.

“Mohon doannya, dalam waktu dekat segala persyaratannya sudah kita penuhi untuk kami bawa ke Jakarta untuk mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) pembangunan GOR,” ujarnya.

Ia mengatakan, satu gedung olahraga dengan tiga sarana olahraga, anggaran bisa mencapai Rp14 miliar,” tuturnya.

Kata Darusalam, sesuai proposal gedung itu akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang para atlet termasuk lapangan bola representatif di dalamnya dengan taksiran anggaran seperti disebutkan di atas.

Sebelumnya, Kemenpora telah menyetujui pembangunan GOR di Kecamatan Lea-lea sejak 2017, namun Pemerintah Pusat sempat menunda pencairan dana pembangunan karena anggarannnya dialihakan untuk perhelatan olahraga tingkat Asia 2018.(NV)

Comments are closed.