Penerbangan Terbatas, Pariwisata Wakatobi Lesu

WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi berharap pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton), dapat segera terwujud. Wakil Bupati (Wabub) Wakatobi, Ilmiati Daud, mengatakan, pemekaran provinsi Kepton bisa mempercepat mengatasi masalah aksesbilitas maskapai penerbangan di Wakatobi, yang kini belum memadai.

“Keterbatasan aksebilitas ini masih jadi kendala utama pengunjung. Selain masih diisi satu flight dengan sheat terbatas, penerbangan ke Wakatobi juga baru terbuka satu jalur, Wakatobi-Kota Kendari,” kata Ilmiati Daud.

Dia berharap dengan mekarnya Provinsi Buton Kepulauan nanti, dukungan Pemerintah pusat untuk pengembangan pariwisata Wakatobi akan lebih baik, dan mau mensupport masuknya penambahan maskapai penerbangan ke Wakatobi. “Apalagi Pemda punya Pekerjaan rumah (PR), target angka kunjungan wisatawan nasional yang tak sedikit jumlahnya,” katanya.

Ilmiati juga menyinggung soal berbagai agenda event yang yang harus tertunda gegara keterbatasan penerbangan. “Ada event Telkomsel, kemarin. Dia mau buat event di Wakatobi dengan peserta sebanyak 300 orang, tapi batal karena flightnya tidak bisa,” tukasnya.

Karena itu, menurut dia, kata kuncinya, akses harus dibuka dulu untuk Wakatobi. Kemudian ditunjang konektifitas Wakatobi dengan salah satu, atau dua daerah pariwisata nasional lainnya. Contoh, Bali-Wakatobi, atau Jakarta -Wakatobi, atau Makassar- Wakatobi.

“Sebenarnya pak Bupati kemarin sudah usulkan ke Direktur Garuda. Kemarin juga lewat diskusi dengan tim Garuda, saya sampaikan bahwa Garuda harus berani masuk ke Wakatobi,” tutupnya. (A-3)

Comments are closed.