Tertibkan Kapal Nelayan, Pemkab Wakatobi Sterilkan Kawasan Dermaga Marina

WAKATOBI- Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Kabupaten Wakatobi, menertibkan sejumlah kapal-kapal nelayan yang berlabuh di dermaga Marina Togo Mowondu Wangi-wangi, Rabu (22/1).

Operasi penertiban dipimpin Kasat Pol-PP dan Damkar, Zuliadin. Para pemilik kapal, diminta berlabuh pada tempat yang telah disiapkan Pemerintah Kabupaten. Namun, operasi mendapat aksi protes dari pemilik kapal, karena tali-tali kapal dilepas dari dermaga oleh penegak Perda.

Kepala Satpol-PP dan Damkar Kabupaten Wakatobi, Zuliadin, mengungkapkan, operasi dimaksudkan agar kawasan Marina, steril dari aktivitas kapal nelayan, sebab dermaga Marina hanya khusus untuk kapal yatch atau kapal sail.

“Kemarin, kami juga telah ditegur sama pak Bupati, kalau kawasan dermaga Marina ini, tidak diperbolehkan ada aktivitas kapal rakyat. Baik itu kapal ikan ataupun kapal penumpang,” terangnya

Dikatakan, sebelum dilakukan operasi, Satpol PP telah melayangkan dua kali teguran. Namun papra pemilik kapal tidak mengindahkan. Zulyadin harapkan agar kapal-kapal nelayan lokal berlabuh di dermaga Perikanan Numana yang telah disiapkan Pemkab Wakatobi.

“Sudah ada pelabuhan khsusus untuk kapal rakyat yang disiapkan oleh Pemkab. Kapal-kapal kayu, telah disiapkan tersendiri,” tegasnya. (B-2)

Comments are closed.