Walikota Baubau Kunjungi La Udu, Warga Kadolomoko Yang Tinggal dalam Goa

BAUBAU-Walikota Baubau DR.H. AS Tamrin mengunjungi warga Baubau yang viral lantaran tinggal di dalam goa di tebing Wantiro. Saat tiba di tebing wantiro, Walikota langsung bertemu La Udu dan bercerita seputar kondisi La Udu yang terpaksa tinggal di goa karena tak memiliki tempat tinggal.

Berdasarkan penuturan La Udu, kepada walikota, dia tinggal di goa tebing wantiro sudah berlangsung lama, namun dia tak bisa memastikan apakah sudah selama 10 tahun atau belum (sebelumnya dikabarkan sudah tinggal selama 10 tahun). Di goa tersebut, La Udu tak memiliki peraltan dan perlengakapan sebagaimana layalnya rumah tangga. Tak terlihat periuk, gelas, panci dan peralatan dapur lainnya. Sementara untuk tidur, La Udu hanya mengandalkan dua lembar papan, hanya pas untuk merebahkan tubunya.

Untuk makan sehari hari, La Udu terkadang mendapat uluran tanagan warga di sekitar bukit wantiro. Dia juga kadang memancing dengan mengandalkan perahu nelayan berukuran kecil. Saat mengunjungi La Udu, Walikota Baubau langsung memerintahlan Lurah Kadolomoko untuk segera membantu menyediakan tempat tinggal sementara sambil menunggu bantuan sosial.

AS Tamrin juga meminta La Udu segera mengemas barang barangnya untuk dipindahkan ke tempat tinggal sementara yang disediakan pemerintah. Selain itu, AS Tamrin langsung memberi petunjuk Kepaal Dinas Sosial Kota Baubau, La Ode Abd Rajab, agar segera mengupayakan bantuan. Namun, karena La Adu tak mempunyai KTP, Lurah Kadolomoko diminta segera membantunya mengurus KTP.  (is)

Comments are closed.