Haliana-Ilmiati Siap Kembangkan BudidayaTambak Udang Vaname di Kaledupa

WAKATOBI –Kepedulian H. Haliana dan Ilmiati Daud (HATI) terhadap peningkatakan penghasilan masyarakat Kabupaten Wakatobi yang lebih layak, terus dituangkan dalam ide dan gagasan mereka berdua.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi periode 2021- 2026 ini, kembali mengungkapkan gagasan dan konsep budidaya udang vaname yang akan dicoba dikembangkan di Pulau Kaledupa dengan sistem tambak terpal.

Menurut Paslon Bupati Wakatobi, H. Haliana, pengembangan budidaya udang vaname dengan tambak terpal di Kaledupa sangat memungkinkan. Apalagi dibeberapa Desa di Kecamatan Kaledupa seperti Desa Lewuto dan Laolua tersedia sumber mata air sungai yang mendukung kegiatan budidaya udang Vaname.

“Udang Vaname ini hanya bisa hidup di dalam air payau, campuran air laut dan air tawar dengan campuran pas. Rupanya di Lewuto dan Laolua ada aliran air sungai tawar disana yang tidak pernah kering. Ini akan lebih bagus untuk kegiatan budidaya karena ada stok air tawar,” terang Haliana saat berkampanye di Desa Ollo Kecamatan Kaledupa, Senin 19 Oktober.

Titik lain pusat pengembangan udang tambak darat ini juga akan dicoba dilakukan di Desa Ollo Selatan, sebab di desa tersebut ditemukan adanya tambak budidaya.

Paslon No Urut 2 itu menambahkan, kegiatan tambah udang vaname di ini akan dikelola langsung oleh masyarakat Kaledupa agar berpenghasilan dari usaha tersebut.

“Yang menjadi kendala sekarang hanya persoalan lampu saja yang belum menyala 24 jam, sehingga kita harus gunakan energi alternatif,” ungkapnya. (Adm)

You might also like More from author

Comments are closed.