Pemkab Wakatobi Raih WTP Ketujuh

WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tujuh kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2014- tahun 2020.

Pemkab Wakatobi juga dijuluki penyalur Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik terbaik di Sultra.

Bupati Wakatobi, H. Haliana merasa bangga dengan keberhasilan ini. Katanya, opini WTP ini tidak terlepas dari kolaborasi bersama dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah Wakatobi.

“Saya mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara pemerintahan. Baik pada legislatif maupun eksekutif, sehingga Pemkab Wakatobi, dapat memperoleh penghargaan dari pemerintah Republik Indonesia (RI), melalui Menteri Keuangan (Menkeu) yang diserahkan oleh kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau pada hari ini,” terang Haliana di lantai 2 ruang rapat sekretariat daerah, Kecamatan Wangiwangi, Jumat 15 Oktober malam.

Politisi PDI- Perjuangan Wakatobi itu mengatakan, opini WTP diberikan berdasarkan empat kriteria yaitu, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta efektivitas sistem pengendalian intern.

“Capaian opini WTP ini diharapkan dapat sejalan dengan peningkatan kualitas pengelolaan keuangan negara/daerah, serta dapat mengurangi potensi penyalahgunaan keuangan negara seperti korupsi. Ke depan opini WTP ini semoga dapat terus dipertahankan, dan kinerja pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Wakatobi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dari segi kebijakan dan pelaksanaannya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau, Hariyanto berharap agar capaian ini perlu dipertahankan. Sebab ini adalah indikator tata kelola keuangan yang baik bagi pemerintahan daerah.

Tata kelola yang baik diwujudkan melalui pelaksanaan program dan kegiatan yang tepat sasaran. Tidak terjadi kesalahan penggunaan dana, kesalahan salur, serta tidak di cederai dengan adanya fraud berupa manipulasi, korupsi, maupun mark-up dalam penggunaan dan distribusi dana.

“Perlu kami sampaikan bahwa berdasarkan monitoring dan evaluasi kantor wilayah dirjen perbendaharaan Provinsi Sultra terkait penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik semester satu, tahun anggaran 2021, Kabupaten Wakatobi meraih predikat terbaik diantara 17 Kabupaten/Kota se-Sultra,” bebernya. (yus)

You might also like More from author

Comments are closed.