Hadiri Ritual Haroana Andala, Sekda Baubau Ungkapkan Apresiasi Kepada Masyarakat Kelurahan Bone-Bone

BAUBAU, KEPTONNEWS. COM-Masyarakat Kelurahan Bone-Bone, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau, menggelar acara tradisi festival haroanan andala, pada kamis, 21 oktober 2021, di pesisir pantai Bone-Bone.

Acara tersebut, di hadiri dan dibuka langsung secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, serta turut di dampingi Ketua DPRD Kota Baubau, H. Zahari, SE, jajaran Forkopimda Kota Baubau, dan sejumlah OPD Kota Baubau.

Dalam sambutanya, Sekretaris Daerah Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, menyampaikan apresiasi kepada Seluruh masyarakat Kelurahan Bone-Bone yang saat ini masih komitmem merawat tradisi budaya leluhur yakni ritual adat haronan andala.

“Sampai saat ini Masyarakat Kelurahan Bone-Bone masih mencintai, masih mempercayai, bahwa pelaksanaan ritual adat haroanan andala adalah sesuatu yang perlu dan penting untuk dilakukan”, ungkap Sekda Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar.

Diketahui pelaksanaan tradisi haroanan andala merupakan sebuah ritual adat tahunan masyarakat nelayan Kelurahan Bone-Bone yang dalam proses pelaksanaannya dilakukan dengan suatu prosesi adat yang bernuansa syahadatain dan pemohonan doa kepada Allah SWT. Agar dilimpahkan rahmat, keselamatan, dan Rezeki dalam mencari nafkah di laut.

Lebih lanjut Sekda Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, mengungkapkan, sesuai dengan apa yang menjadi harapan seluruh masyarakat Bone-Bone bahwa acara tradisi Haronan Andala akan dijadikan sebagai kegiatan tahunan oleh pemerintah Kota Baubau. Tentunya pihak pemkot akan berupaya menindaklanjuti dan merespon positif terkait harapat tersebut.

“Ini yang saya kira menjadi tekad bersama kita dan insya Allah kita akan coba langgengkan ini setiap tahun, tentu dengan kemasan yang lebih baik sehingga nila-nilai acara upacarap ritualnya tetap terjaga dan disatu sisi atau aspek wisatanya ditampakan”, harapnya. (Ansar)

You might also like More from author

Comments are closed.