Pemkab dan Kemenag Wakatobi Luncurkan Aplikasi Perdata Sentosa Terpadu

WAKATOBI -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, bersama pihak Pengadilan Agama (PA) Wangi-wangi, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi, meluncurkan aplikasi Wakatobi Perdata Sentosa terpadu.

Aplikasi berbasis online tersebut baru saja dilaunching, sekaligus dilangsungkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Jumat (22/10).

Bupati Wakatobi, H. Haliana mengatakan bahwa dengan aplikasi perdata sentosa terpadu, masyarakat akan dimudahkan dalam pelayanan pengurusan administrasi kependudukan, pendaftaran perceraian, serta pendaftaran pernikahan secara online.

Artinya dengan adanya aplikasi ini, masyarakat Wakatobi bisa menghemat biaya ataupun waktu perjalan dalam melakukan pengurusan administrasi. Karena masyarakat tidak harus lagi ke instansi terakit, tinggal membuka website aplikasi Wakatobi perdata sentosa terpadu, lalu mendaftar ataupun menginput data.

“Ini sangat luar biasa, karena dengan aplikasi ini penginputan-penginputan data tidak perlu jauh-jauh ke Kabupaten. Orang Binongko misalkan, mereka sudah bisa mengakses data lewat Binongko. Kalau mau mendaftar ingin menikah, sudah bisa mendaftar dari sana, begipun sidang-sidang perceraian, sudah bisa sidang di tempat tidak perlu mereka datang ke Wangi-wangi,” terangnya.

“Yang ingin juga bercerai, bisa mendaftar menggunakan aplikasi Wakatobi perdata sentosa, sebab aplikasi ini konek langsung dengan Pengadilan Agama. Begitu halnya dengan pernikahan, aplikasi ini sudah konek dengan Kementerian Agama. Termasuk pengurusan administrasi kependudukan, juga sudah konek dengan Dinas Pencatatan Sipil Wakatobi,” sambung dia.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap agar aplikasi Wakatobi perdata sentosa segara disosialisasikan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan selanjutnya lewat launching ini kedepannya baik Pengadilan Agama, Kementerian Agama, dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil yang memiliki struktur hingga ke Desa-desa, segara mensosialisasikan aplikasi ini kepada masyarakat Wakatobi, “harapnya.(yus)

You might also like More from author

Comments are closed.