Pemkab Bangun Komunikasi Bersama PLN Sulselrabar Untuk Pelayanana Listrik 24 Jam di Kaledupa dan Binongko

WAKATOBI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi terus memutar otak agar seluruh wilayah Wakatobi bisa terlayani listrik dengan maksimal. Khususnya untuk Pulau Kaledupa dan Binongko, kini Pemkab tengah usaha agar masyarakat disana bisa menikmati pelayanan listrik dari Perusahaan Listrik Negera (PLN) selama 24 jam.

Bupati Wakatobi, H. Haliana menyatakan, langkah awal yang ditempuh oleh Pemkab adalah sudah membangun komunikasi bersama pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselrabar). Pemkab juga sambung dia, sudah mengkonfirmasi pihak Rayon Sulselrabar soal rencana mereka membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Binongko dan Kaledupa.

“Saya mengkonfirmasikan apakah di tahun 2022 nanti pihak PLN siap atau belum. Mereka juga masih menunggu alokasi anggaran dari pusat. Sehingga pihak rayon juga belum memberikan kepastian di tahun 2022,” tutur Haliana ketika ditemui di Wangi-wangi belum lama ini.

Haliana mengungkapkan, bersama pihak Rayon Sulselrabar Pemkab sudah membangun alternatif kerjasama untuk pelayanan listrik di Kaledupa dan Binongko di tahun 2022. Sebungga jalan yang akan ditempuh oleh Pemkab adalah siap menyupsidi BBM. Namun sebelum itu kata dia, Pemkab terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan pihak BPK, BPKP dan KPK agar tidak terkendala diaturan.

“Kita melihat juga mata anggaran yang ada di Sistim Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), apakah masih ada mata anggaran untuk subsidi atau tidak. Itu juga harus ada diskusi dengan DPRD. Karena beberapa anggota DPRD, utamanya teman-teman dari Kaledupa dan Binongko sudah menyuarakan untuk subsidi 2022 secepatnya, agar masyarakat dapat menikmati listrik,” terangnya. (Yus)

You might also like More from author

Comments are closed.