Kemeriahan Harkanmas 2021, Pemkab Wakatobi Kampanye Gemarikan dan Germas

WAKATOBI –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi memeriahkan Hari Ikan Nasional (Harkanmas) yang ke delapan tahun 2021 ini, dengan kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dan Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Dilaksanakan di Pantai Desa Sombu Wambuliga Kecamatan Wangi-wangi pada Kamis (25/11). Acara dilangsungkan dengan senam pagi sehat dan makan ikan bersama warga setempat.

Bupati Wakatobi, H. Haliana mengungkapkan, begitu besarnya manfaat mengonsumsi ikan bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan nutrisi yang dimiliki ikan kata Haliana, sangat penting untuk tubuh, salah satunya adalah merangsang perkembangan serta keserdasan otak manusia.

“Di Wakatobi alhamdulilah dikaruniahi alam yang luar biasa. Menurut data penelitian, Wakatobi ini punya 790 spesis karang dan itu tercatat terbanyak di dunia. Begitulah dengan ikan kita, ada 840 spesies ikan dari 900 lebih spesis ikan yang ada di dunia,” papar Haliana ketika menyampaikan sambutannya

di Pantai Desa Sombu Wambuliga, Kemarin.

Kabupaten Wakatobi juga masih memegang rekor data konsumsi ikan terbesar secara nasional. Berdasarkan data tersebut sambung dia, masyarakat Wakatobi setiap harinya mengonsumi ikan sebanyak 2,25 kilo gram.

“Ini menunjukkan bahwa ikan ini adalah andalan kita dalam memenuhi kebutuhu nutrisi atau kebutuhan hewani kita. Kalau di Provinsi itu sebanyak 0,14 kilo gram per hari per orang. Begitu juga nasional hanya 0,11 kilogram per hari per orang,” paparnya.

Manfaat kandungan nutrisi ikan bagi kesehatan tubuh manusia, juga disampaikan oleh Ketua Penggerak PKK Wakatobi, Hj. Eliati Haliana. Di perayaan Harkanmas nasional kedelapan ini, Eliati mengajak masyarakat Wakatobi khususnya para ibu rumah tangga agar menyadari peran kandungan nutrisi ikan bagi perkembangan tulang anak-anak cukup besar.

“Kita tau bersama bahwa ikan ini memiliki sumber protein yang cukup tinggi, kemudian juga memiliki kandungan lemak omega tiga yang sangat berguna untuk pertumbuhan otak manusia. Ikan juga memiliki kandungan mineral, kalium dan mineral fosfor yang sangat berguna untuk pertumbuhan tulang kepada anak-anak kita,” terangnya.

Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP), Mulyanto menambahkan bahwa kegiatan ini berlangsung secara nasional yang diikuti 34 Provinsi di Indoensia. Dan setiap masing-masing Kabupaten /Kota diselenggarakan secara of line .
“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong perilaku konsumsi ikan dengan tema ikan untuk generasi yang unggul,” terangnya.

Katanya kegiatan ini melibatkan peserta dari pengurus penggerak PKK Kabupaten Wakatobi. Kegiatan juga dikolaborasikan dengan Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AKKP) Wakatobi, Badan Riset SDM Kelautan dan Perikanan, forum pesisir wawabika. (yus)

You might also like More from author

Comments are closed.