Bea Cukai Sultra Support Ekspor Komoditas Rumput Laut dari Wakatobi

WAKATOBI -Kepala Seksi Perbendaharaan Bea Cukai Sultra, Sardiyanto, berharap supaya Pemkab serius mengawal para petani budidaya rumput laut di Wakatobi. Tersebut, guna merespon upaya-upaya Pemkab yang ingin mandiri mengekspor langsung sendiri komoditas hasil lautnya.

“Tentunya dengan dukungan kebijakan dari pemerintah daerah,” singkat Sardiyanto ditemui beberapa awak media, di Vila Nadila Wangi-wangi kemarin.

Sardiyanto mengungkapkan, Bea Cukai Sultra, sangat mendukung upaya Pemkab untuk mengekspor. Secara kelembagaan, sambung dia, pihaknya bakal mempermudah pengurusan dokumen-dokumen perizinan ekspor, hingga fasilitas lainnya.

“Setiap hari memang kami mengharapkan ada ekspor dari sini (Wakatobi), biar nama Wakatobi ikut terdongkat baik ditingkat nasional ataupun internasional,” terangnya.

Sardiyanto mengapresiasi langkah maju Pemkab Wakatobi ini. Sekali lagi, semuanya dikembalikan ke Pemkab. Bagaimana memperdayakan masyarakat, guna menggenjot komoditas rumput laut yang melimpah. Bea Cukai Sultra kata dia, hanya sebatas memberikan suppor saja.

“Kalau dari kami supporting yang terkait dengan ekspor, perizinan ekspor, bila perlu ke karantina bisa kami menjembatani, karena kami punya yang namanya klinik ekspor,” tukasnya.

Sebelumya pada hari Sabtu, (27/11) kemarin, Pemkab membangun forum diskusi membangun jejaring pemasaran untuk keberlanjutan usaha budidaya rumput laut di Wakatobi.

Kegiatan ini bagian dari upaya membangun kemitraan antara pemerintah, NGO dan Stakeholder dalam mendekatkan hubungan petani dengan pelaku usaha rumput laut.

Lewat kegiatan ini juga, diharapkan Wakatobi bisa mandiri mengekspor langsung hasil komoditasnya ke daerah tujuan ekspor guna menjamin kepastian nilai harga untuk para petani rumput laut. (yus)

You might also like More from author

Comments are closed.