Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2021, Bupati Buton Ajak Cakades Jaga Semangat Demokrasi

BAUBAU, KEPTONNEWS. COM-Bupati Buton, Drs. La Bakry, M. Si, mengajak seluruh para calon Kepala Desa yang siap bertarung dalam momentum pemilihan Kepala Desa serentak se-Kabupaten Buton, untuk tetap menjaga marwah demokrasi.

Salah satu aktualisasi demokrasi yang bersih adalah tidak melakukan praktek-praktek money politics. Hal itu dilakukan agar tidak melanggar adat kebiasaan orang Buton.

“Tanpa uang kita bisa memenangkan hati rakyat, kerena personifikasi kita sebagai putra daerah tentu masyarakat sudah mengetahu karekter kita setiap harinya”, ujar La Bakry, saat menyampaikan sambutan acara deklarasikan damai, Kamis, 2 Desember 2021, di Aula Kantor Bupati Buton.

Ia berharap, pemilihan Kepala Desa ditanggal 4 Desember besok semoga dapat berjalan lancar sesuai amanah demokrasi. Dan kelak yang kalah ataupun menang harus siap menerima hasil pilihan masyarakat.

“Saya menitip pesan untuk yang membawa nama kepala daerah agar diabaikan karena pemerintah hari ini bersikap netral dan tidak berpihak sama siapa pun”, tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Buton, AKBP Gunarko, S. IK., M.Si, menilai tingkat partisipasi dan antusias masyarakat berbeda dengan pemilihan yang lain karena Pilkades langsung bersentuhan dengan masyarakat. Untuk itu sebagai pengingat, mari kita mengikuti dengan penuh semangat dan tetap berpedoman sesuai aturan yang berlaku.

“Saya sampaikan dalam bahwa dalam pemilihan ada yang menang ataupun kalah dan harus siap dalam kondisi ini. Jika terjadi sengketa kita diwajibkan untuk mengikuti jalur yang sesuai aturan”, ungkapnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Pihak Polres dan TNI akan siap siaga mengamankan proses jalannya pesta demokrasi. (Adm)

You might also like More from author

Comments are closed.