Buka Rapat Kerja KONI, Wakil Wali Kota Baubau : Prestasi Olahraga Wibawa Daerah

BAUBAU – Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse membuka rapat kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Baubau, Sabtu 18 Desember 2021. 

Kegiatan yang berlangsung di Sekretariat KONI Baubau juga dihadiri Ketua Umum KONI Kota Baubau, H. La Ode Suhardi, Sekretaris Umum, Lucky Gafoer, para pengurus KONI Baubau dan perwakilan cabang olahraga.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menjelaskan, rencana untuk menjadikan Kota Baubau berjaya di bidang olahraga dapat terukur dalam perhelatan Porprov ke-XIV nanti.

Diharapkan rapat kerja tersebut merumuskan rekomendasi-rekomendasi yang dapat mencapai sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan lebih dari itu sukses perputaran ekonomi.

“Sebenarnya jika merujuk dari jadwal penganggaran untuk APBD Kota Baubau sudah ditetapkan sejak 30 November lalu. Namun saya percaya bahwa apa yang direncanakan di tahun depan akan terakomodir karena sebelumnya diskusi dan koordinasi sudah dibangun oleh pengurus KONI kepada pemerintah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau”, ujar La Ode Ahmad Monianse

Dikatakan pimpinan daerah juga berharap agar dalam menyambut Porprov ke XIV yang diselenggarakan bersama antara Kota Baubau dan Kabupaten Buton pada 2022 mendatang, Kota Baubau bisa mengambil peran dalam memberikan prestasi yang membanggakan.

Hal ini juga akan menjadi evaluasi dalam pencapaian Rencana Kerja Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di bidang Olahraga. Selain itu, prestasi olahraga adalah wibawa daerah. Hal itu bisa tercapai apabila semua pihak bisa bahu membahu untuk mencapai tujuan bersama.

Disisi lain, Wakil Wali Kota Baubau juga menekankan sehubungan dengan kondisi Covid-19 yang belum meredah maka diminta memperhatikan persiapan penyelenggaraan dengan protokol kesehatan.

Semua elemen diminta ikut mensukseskan target vaksinasi 70 persen guna mencapai health imunity sampai batas akhir Desember 2021. Hal itu penting agar daya tahan tubuh populasi suatu daerah bisa kuat.

“Kalau health imunity kita sudah capai 70 persen saya kira tidak ada alasan untuk penundaan event-event. Hari ini kita sudah 52 persen masih ada waktu untuk mencapai target itu”, ujarnya

Ketua KONI Kota Baubau, H. La Ode Suhardi menambahkan rapat kerja tahun ini fokus tema mewujudkan prestasi terbaik pada Poprov Sultra ke -XIV tahun 2022. Untuk mencapai hal itu tentunya perlu kerjasama dan sinergitas dengan semua komponen.

“Jajaran pengurus akan selalu berkoordinasi dengan Pemkot Baubau untuk merencanakan dan melaksanakaan kegiatan Porprov mendatang. Untuk itu pada rapat kerja tahun ini akan difokuskan perencanaan dan pembahasan yang berkaitan dengan persiapan menyambut pelaksanaan Porprov 2022,” ungkap La Ode Suhardi

Secara teknis untuk membuat program peningkatan dan pencapai prestasi atlet tentunya bidang kepelatihan dan bidang lainnya perlu saling terkoordinasi. Untuk itu, penting untuk terus menjaga kekompakan dan solidaritas dalam melaksanakan pembinaan keolahragaan di masing-masing pengurus cabang olahraga.

Guna mewujudkan prestasi terbaik pada Poprov Sultra ke -XIV tahun 2022, Lanjut Suhardi, tentu perlu didukung oleh beberapa komponen. Diantaranya sumber daya manusia dalam hal ini pelatih yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai dan sesuai standar, dana yang cukup baik dari APBD maupun swasta, penataan organisasi, pemanfaatan Iptek, rencana strategis program pembinaan yang berlanjutan dan penentuan atlet yang profesional sesuai dengan karakteristik cabang olahraga itu sendiri.

Semua hal itu perlu disiapkan dan direncanakan secara bersama-sama baik pemerintah, pengurus KONI, kepelatihan dan pengurus cabang olahraga masing-masing.

“Kalau kita secara bersama-sama memiliki keinginan dan satu tujuan yang sama dalam pencapaian prestasi maka ini juga sejalan dengan UU No. 3 tahun 2015 tentang sistem olahraga nasional,” lanjutnya (adm)

You might also like More from author

Comments are closed.