Pemkab Buton Unjuk Produk Unggulan Di Pameran UMKM HPN 2022

KENDARI,KEPTONNEWS. COM-Pemerintah Pemerintah Buton mengikuti Pameran Produk Unggulan dan Khas Daera yang diselenggarakan dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Pelataran MTQ Kota Kendari Minggu malam (06/02/2022).

Kegiatan berskala nasional ini bertujuan mempromosikan ragam potensi produk-produk unggulan daerah di pasar nasional maupun internasional dan diikuti oleh banyak daerah-daerah di iIndonesia baik dari pemerintah daerah maupun BUMN, BUMD dan perusahaan swasta.

Kabag Ekonomi Setda Buton, H. Abdul Rais mengatakan, Kabupaten Buton dalam pameran UMKM HPN 2022 ini menyajikan berbagai produk unggulan diberbagai sektor baik perikanan, pertanian, pertambangan hingga produk perindustrian.

“Kesempatan ini kita memperkenalkan hampir semua program unggulan Buton,” ujarnya.

Dijelaskannya pada sektor perikanan ada produk abon ikan, ikan asap, sambal ikan cakalang hingga produk akhir rumput laut olahan pabrik di Kapontori, ada juga kepala genjah, pala, beras padi gogo, kopi kaongke-ongkea, aspal hingga produk anyaman dan tenunan.

Ditambahkannya, juga diperkenalkan potensi aspal Buton yang saat ini diproduksi yakni Aspal buton lawele Full  extrasi,  produksi PT Wika Bitumen.

“Ini juga merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Buton yang dapat bersaing dengan daerah-daerah lain dari segi kualitas barang, produk ini setara aspal minyak/hotmiks,” tukasnya

didampingi kadis Pertanian Buton.
Dia berharap semua produk tersebut dapat dikenal dan dimanfaatkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan.

Sementara Kadis Pertanian Buton Ma’mul Djamal mengatakan pada sektor pertanian pihaknya memperkenalkan semua jenis produk unggulan yang saat ini menjadi program prioritan Bupati Buton Drs La Bakry M.Si.

“Kami membawa bibit pala dan kelapa genjah, beras padi gogo dan kopi kaongke ongkea,”bebernya.

Kata dia produk tersebut yang sementara dikembangkang di Buton dengan harapan kedepannya dapat bernilai ekonomi untuk masyarakat. (Adm)

You might also like More from author

Comments are closed.