Pencarian Pelaku Dimaksimalkan, Polres Wakatobi Minta Penegakan Hukum Dipercayakan Kepada Polisi

WAKATOBI,KEPTONNEWS.COM-Kasat Reskrim Polres Wakatobi, Iptu Juliman akui jika hingga kini pihaknya masih kesulitan mengetahui keberadaan inisial (R) alias LT, pelaku dugaan pemerkosaan terhadap seorang gadis 19 tahun inisial (N) di Keldupa Selatan yang terjadi pada Desember 2021 lalu.

Kendati demikian kata Juliman, Polres Wakatobi serius menangani kasus ini. Upaya-upaya pencarian pelaku yang kini sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) pun sudah dimaksimalkan. Polres Wakatobi juga sudah meminta bantuan kepada Polda Sultra guna menelusuri keberadaan pelaku.

“Harapan saya bersabar, percayakan penegakan hukumnya kepada kami kepolisian. Yang jelas Polres Wakatobi sudah melakukan upaya maksimal untuk pencarian keberadaan pelaku,” pinta Juliman usai menemui peserta Unras Cipayung di Polres Wakatobi, Rabu (16/2).

“Kalau kita sudah mengetahui keberadaannya (pelaku), pasti kita sudah melakukan upaya-upaya paksa, berupa penangkapan, penjemputan tersangka, dan proses ke tahap-tahap selanjutnya,” tandasnya.

Guna mempercepat penangkapan pelaku sambung dia, polisi meminta kerjasama masyarakat agar pelaku mempertanggung jawabkan perbuatannya secara hukum. Polres Wakatobi juga menyampaikan terimakasih kepada massa aksi Cipayung Wakatobi yang sudah menggelar Unjuk rasa (Unras), Rabu (6/2), sebagai bentuk dukungan kepastian hukum.

“Kalau identitas pelaku kita sudah tau. Hanya itu tadi kendala kita bahwa kita belum mengetahui keberadaan pelaku, keberadaan pelaku memang kita belum dapat,” ujarnya.

Katanya, sejauh ini pihaknya sudah mengantongi barang bukti, hingga sudah dilakukan penetapan tersangka. “Proses verbal, kelengkapan administrasi penyelidikan, penetapan tersangka, dan sudah sampai dengan penerbitan DPO. Jadi berkas berkas sudah siap untuk diajukan ke tahap selanjutnya,” jelasnya

“Kendala kita sekarang adalah belum mengetahui keberadaan pelaku.
Sementara kasus seperti ini ini bukan kasus peradilan in apsentia, artinya bahwa tersangka kita bawa ke proses penuntutan harus disertai dengan tersangkanya,” terangnya. (yus)

You might also like More from author

Comments are closed.