Wamen ATR Geser Jadwal GTRA Summit 2022 di Wakatobi ke Awal Juni

WAKATOBI,KEPTONNEWS.COM-Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Candra, menerbitkan jadwal terbaru pertemuan puncak Gugus Tugas Roforma Agraria (GTRA) Summit 2022 di Wakatobi yang awalnya diagendakan pada bulan Maret.

Pergeseran jadwal GTRA Summit 2022 ini dikarenakan kasus harian Covid- 19 yang masih meningkat. Kegiatan tersebut direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Jokowidodo.

Merujuk pada surat resmi yang diterbitkan oleh sekretatiat Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) No. 18/WM.GTRA-PUSAT/II/2022 per Januari perihal penjadwalan ulang pelaksanaan GTRA Summit 2022 di Wakatobi dilaksanakan pada hari Rabu s.d Jumat Juni mendatang.

“Berdasarkan hasil rapat Tim Pokja GTRA Summit 2022 bersama Pemerintah daerah Sulawesi Tenggara pada 11 Februari yang dipimpin Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN selaku koordinator pelaksana GTR Nasional dan Gubernur Sulawesi Tenggara,” begitu klarifikasi surat sekretariat GTRA Nasional yang dikoordinator oleh Wamen ATR/Waka BPN, Surya Candra.

Dalam rangka menyamarkan Presidensi G20 di Indonesia, juga disepakati revisi tema pelaksanaan GTRA Summit 2022 menjadi :Menuju Puncak Presidensi G20 :Pemulihan Ekonomi Yang Inklusif dan Berwawasan Lingkungan melalui Reforma Agraria, Harmonisasi Tata Ruang, dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Kepulaua.

“Pemilihan tanggal tersebut bertepatan dengan Hari Laut Sedunia pada 8 Juni 2022, dan hari Segitiga Terumbu Karang Dunia (Coral Triangle Day) pada 9 Juni 2022 yang relevan dengan fokus isu yang diangkat pada GTRA Summit 2022. Hal tersebut relevan dengan fokus isu yang diangkat pada GTRA Summit 2022 terakit penataan dan pengelolaan pertanahan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil,” lanjutnya. (yus)

You might also like More from author

Comments are closed.