Bulan Ramadhan, Muhaimin Squad Berbagi Takjil dan Bersih-Bersih Tempat Ibadah

KENDARI – Pemuda lintas agama dan organisasi yang tergabung dalam Muhaimin Squad menggelar bakti sosial. Bakti sosial tersebut dimulai dengan mengelar bersih-bersih di salah satu tempat ibadah ummat kristiani yang terletak di Kota Kendari.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan membagi-bagikan takjil diseputaran Tugu Religi Sulawesi Tenggara bagi ummat muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.

Salah satu Koordinator Nasional Muhaimin Squad, Satria Putra Bulo mengatakan kegiatan tersebut tidak boleh hanya sampai disini saja, tetapi perlu ditingkatkan lagi dengan mengajak para pemuda milenial.

“Kegiatan seperti ini agar selalu dilakukan bahkan perlu ditingkatkan dikalangan pemuda milenial, supaya mereka mengerti arti dari kemajemukan Nlnegeri ini,” kata Satria Putra Bulo disela-sela kegiatan bakti sosial, Minggu (17/04/2022).

Berdasarkan hasil survei Kementerian Agama melalui Forum Kerukunan Umat Beragama, mengatakan bahwa Kota Kendari memiliki 72,90% tingkat toleransi. Persentase tersebut dinilai cukup kecil jika harus dibandingkan kota lain seperti Manado atau Singkawang.

“Olehnya itu, kegiatan seperti ini dapat menjadi nilai plus dalam meningkatkan persentasi toleransi kerukunan umat beragama,” tambahnya.

Lanjut Satria, untuk kegiatan pembagian takjil yang diinisiasi oleh Muhaimin Squad melibatkan kurang lebih 200 orang dan menjangkau sekitar 300 orang penerima takjil. Jumlah tersebut bisa terus meningkat, mengingat kegiatan bakti sosial ini merupakan awal dari panjangnya jadwal kegiatan sosial yang akan dilakukan.

“Kedepan kita akan mengunjungi beberapa panti asuhan dan juga panti jompo,” pungkasnya.

Indra Gunawan Pabutungan yang juga merupakan salah satu Koordinator dari Muhaimin Squad Kendari mengatakan, dalam meningkatkan presentasi toleransi antar umat beragama, dirinya mengajak semua pihak untuk terus bekerja keras dalam melihat suatu mementum seperti saat ini.

“Kedepan kita akan melibatkan unsur kepemudaan, baik itu agama maupun organisasi lain yang lebih besar, agar kota Kendari mengalami peningkatan dalam hal toleransi umat beragama,” ucapnya.

Sementara itu, Ruslan yang juga koordinator lapangan dalam aksi bakti sosial tersebut menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan moment yang tepat karena bertepatan dengan hari Paskah bagi umat Kristiani dan Bulan Ramadhan untuk umat muslim. (Adm)

You might also like More from author

Comments are closed.