Utamakan Kenyamanan Penumpang, Pelni Batasi Penjualan Tiket

BAUBAU-Belakangan ini, para calon penumng kapal Pelni, sering mengeluhkan sulitnya memperoleh tiket kapal saat hendak berangkat dari Pelabuhan Baubau. Hal tersebut, terjadi karena PT. Pelni membatasi penjualan tiket untuk penumpang. Pembatasan dialkukan dengan mempertimbangkan kapasitas kapal. Jika muatan kapal hanya seribu, maka Pelni hanya akan menjual tiket sebanyak 1000 lembar. Jika lebih, maka penumpang tidak akan nyaman. “Pelni mengutamakan kenyamanan penumpang saat berada dalam kapal” kata Kepala Bagian Operasional, PT Pelni Cabang Baubau, Andi Ramdani, saat ditemui wartawan, Senin 1 Agustus 2022.

Karena itu, Pelni selalu menghimbau warga yanag hendak bepergian menggunakan jasa layanan Pelni sedapat mungkin membeli tiket jauh hari sebelum keberangakatan. “Kalau belinya pas hari H, pasti sudah habis. Karena Pelni Cabang lain juga menjual tiket bagi calon penumpang yang akan bertolak dari pelabuhan Baubau. Misalnya orang di Jayapura beli tiket di Pelni Jaya Pura, tapi berangkatnya dari pelabuhan Baubau, itu bisa saja” kataanya.

Disamping itu, jumlah tiket yang tersedia di Pelni Baubau juga memang dibatasi. “Kadang kita dikasih jatah untuk 400 penumpang, itu bisa habis dibeli dalam beberapa menit saja, karena tidak ada sistem boking. Bahkan kalau ada tiket tambahan juga langsung habis, tapi tiket tambahan ini tidak selalu ada, tergantung kebijakan, sebab tiket yang tersedia hanya disesuaikan dengan kapasitas kapal. Seperti kapal Tilongkabila, kapasitasnua hanya 1000, maka pelani hanya bisa jual tiket 1000 lembar” ujarnya.

Selain menerapkan kebijakan pembatasan penjualan tiket, Pelni juga memberlakukan protokol kesehatan bagi seluruh calon pennumpang yang hendak berangkat dari pelabuhan Murhum Baubau. Bagi calon penumpang yang sudah di vaksin boster, mereka tinggal beli tiket saja.

Namun kalau baru menjalani vaksin kedua, mereka diwajibkan melewati pemeriksaan antigen, kalau vaksin tahap satu maka harus melalui pemeriksaan secara PCR. Artinya, seluruh penumpang yang hendak berangkat dianjurkan tetap menerapkan protokol kesehatan.(adm)

You might also like More from author

Comments are closed.