Serap Aspirasi Masyarakat, Pj Wali Kota Baubau Libatkan Asisten

BAUBAU-Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si menyerap aspirasi masyarakat di kelurahan dan kecamatan dengan melibatkan para Asisten Setda Kota Baubau. Pelibatan para Asisten dalam penyerapan aspirasi masyarakat menurut Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si dikarenakan tugas asisten itu melakukan koordinasi kepada OPD yang dikoordinasikannya. Misalnya, Asisten dua mengordinasikan 11 OPD, bagaimana perencanaan selama ini dan dieksekusi seperti apa, sehingga harus bisa memahami bentuk monitoring dan pengendaliannya itu dalam bentuk interaksi langsung. Hal ini dilakukan adalah memastikan apa yang diceritakan itu memang itu yang menjadi kebutuhan.
Dikatakan, yang namanya perencanaan itu selalu ada narasi normatif dan ada spesifik dan yang namanya spesifik itu, itu tergantung siapa yang menyampaikan pada saat pengambilan keputusan dan itu yang selalu terjadi. Pada saat diputuskan mana yang prioritas, apabila yang dihadiri itu fokus pada prioritas yang diinginkan maka itu yang akan disampaikan, dan biasanya ada kebutuhan di kelurahan sudah 5 bahkan 10 tahun diminta tetapi tidak pernah terpenuhi, bukan soal terpenuhinya kapan akan tetapi kenapa tidak terpenuhi itu yang ingin dilakukan. Apabila sudah 5 tahun disampaikan dan itu terus harusnya pada tahun kedua atau tahun ketiga sudah terpenuhi sehingga akan dilakukan monitoring pengendalian.
“Karena proses manajemen itu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian dan kontroling, fungsi kontroling itu jarang kita lakukan dilevel pimpinan. Tugas kita selaku pimpinan OPD, pimpinan unit, pimpinan wilayah memastikan perencanaan dan kontroling itu sesuai dan ini yang kita lakukan. Dan pertemuan kita ini adalah ingin mendengarkan dari para lurah dan aparatnya kecamatan maupun kelurahan menyampaikan dan silahkan disampaikan. Dan saya tegaskan yang disampaikan bukan keinginan akan tetapi kebutuhan karena keinginan dan kebutuhan itu tidak sama,”katanya.

Dr Muh Rasman juga menyampaikan kepada seluruh ASN di kecamatan dan kelurahan apabila ada yang ingin disampaikan kepada kepala daerah karena terbatas dengan waktu maka pihaknya mempersilahkan untuk disampaikan langsung kepada lewat media sosial milik Pemkot Baubau atau lewat link tree wali kota yakni Facebook, Twitter dan Instagram. jangan takut untuk menyampaikan lewat medsos asalkan tidak menggunakan akun palsu. Dan yang penting informasinya benar bukan hoax karena kalau hoax itu namanya fitnah (adv)

You might also like More from author

Comments are closed.