Tahun 2024, Pemkot Baubau Anggarkan Pembangunan Jalan Lingkar Puma

BAUBAU-Pembangunan Jalan lingkar Pulau Makasar (Puma) sudah masuk program kegiatan pada Dinas Perkim dan akan dilaksanakan secara bertahap melalui APBD tahun 2024.  Pembangunan tahap awal akan dikerjakan kurang lebih sepanjang 400 meter dengan konstruksi rabat besi tulang, perkiraan anggaran sekitar Rp 361 juta.

Hal ini diungkapkan Kadis Perkim Kota Baubau Dra Hj Amalia Abibu, M.Si Minggu (3/3/2024).

Menurut Amalia Abibu, kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap melalui upaya mencari sumber-sumber anggaran yang tersedia baik melalui APBD Kota, Provinsi Sultra maupun pusat, sehingga penyelesaian penanganannya dapat di selesaikan secepatnya  berdasarkan skala prioritas pembangunan daerah.

Hal senada dikatakan Sekdin Bappeda Kota Baubau Sabaruddin, bahwa jalan lingkar Pulau Makassar sudah dianggarkan oleh pemerintah Kota Baubau melalui kegiatan pada Dinas Perkim Tahun 2024 dengan spesifikasi pembangunan jalan rabat beton. Bahkan pada saat Musrenbang tingkat Kecamatan Kokalukuna Jumat (1/3/2024), Bappeda sudah menyampaikan ke masyarakat jika Pemkot Baubau akan segera mengerjakan pembangunan jalan lingkar di Pulau Makassar tersebut.

Menurut Sabaruddin, tentu dengan keterbatasan anggaran, dengan berbagai kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi maka Pemerintah Kota Baubau melakukan secara bertahap. “Nanti akan dipilih mana-mana saja yang terparah rusaknya. Penanganan jalan puma, pilihannya menggunakan spek konstruksi rabat beton dengan pertimbangan kondisi geografis Puma, mobilisasi sarana prasarana yang cukup sulit dan aktifitas penggunaan jalan tersebut tidak padat dan tidak dilalui jenis kendaraan tonase yang berat pada jalan lingkar Pulau Makassar saat ini,”ujarnya.

Sabaruddin mengakui, untuk pembangunan jalan lingkar di Pulau Makassar akan menjadi prioritas Bappeda Kota Baubau 2024 ini termasuk untuk tahun 2025 mendatang.

Kepala bidang Bina Marga Dinas PUPR Nurfatmah Ardiyanti, ST, MT  menjelaskan, untuk jalan lingkar Pulau Makassar akan siap dilakukan perbaikan oleh PUPR sesuai dengan data kondisi jalan dan permukaan jalan di ruas jalan Pulau Makasar. (adm)

You might also like More from author

Comments are closed.