Pj Wali Kota Baubau Ingatkan Tiga Hal Penting Terkait PKK

BAUBAU-Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 tingkat Kota Baubau di aula Palagimata Kamis (7/3/2024) mengatakan, ada 3 (tiga) poin penting yang menjadi pesan yakni pertama, sejak TP PKK Kota Baubau dikukuhkan pada 4 November 2023 lalu, PKK telah bergerak dan mampu mengimplementasikan makna Bekerja Bersama dalam berbagai bidang dan aspek pembangunan.

Mulai dari menjadi penggerak di akar rumput untuk memastikan anak bayi balita sehat, terhindar dari stunting, mendapatkan imunisasi, berinovasi memanfaatkan pangan sehat berbahan potensi lokal untuk antisipasi dan pencegahan stunting.

Terlibat dalam Gerakan Literasi Baubau berkolaborasi bersama banyak pihak hingga membangun dan menggalakkan budaya, juga inovasi kebersihan lingkungan melalui Arisan Kelurahan Bersih.

Pemerintah tidak akan mampu menyelesaikan bertumpuk masalah, dan kehadiran PKK adalah solusi penting membantu pemerintah menjangkau akar umput yang sering tak terjamah kebijakan, program dan kegiatan.

Pesan kedua, ada 3 (tiga) isu pembangunan yang menjadi target kerja TP PKK Kota Baubau bersama Pemerintah Kota Baubau saat ini, yakni: (1) percepatan penurunan stunting, (2) pengentasan kemiskinan ekstrim dan (3) pengendalian inflasi melalui berbagai upaya, salah satunya adalah Gerakan Tanam Cabai skala rumah tangga dengan memanfaatkan pekarangan.

“Dan ketiga isu itu yang sangat erat kaitannya dengan ketahanan dan kualitas keluarga dimana PKK menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi, beserta sinergitas dengan para stakeholder, baik dengan pemerintah, maupun lembaga non pemerintah lainnya,”ungkapnya.

Sementara untuk pesan ketiga terkait dengan jambore PKK yang telah berlangsung sejak tanggal 4 Maret lalu, dilaksanakan bukan sekadar untuk dimenangkan, tetapi lebih dari itu, Jambore dijadikan sebagai wadah silaturrahim, saling kenal mengenal, berjejaring dan membangun komunikasi efektif, bertukar ilmu, pengalaman dan keterampilan, semua demi membangun ketahanan keluarga.

Jambore PKK juga ini menjadi alat evaluasi bagi pemerintah daerah untuk melihat apa saja kontribusi yang telah diberikan oleh masing-masing OPD sebagai mitra strategis PKK dan apa saja yang dibutuhkan oleh PKK di masa-masa datang demi menguatkan peran penting di akar rumput. Apa yang dibutuhkan PKK, seperti pelatihan, pendampingan atau berbagai kegiatan penguatan SDM dan manajemen kelembagaan PKK dari OPD teknis yang berdampak kepada meningkatnya kualitas keluarga dan penanganan tiga isu di atas, harus disupport oleh OPD teknis terkait.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader PKK mulai dari Tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga Kota yang tetap semangat, dan sportif selama mengikuti rangkaian acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK, dan selamat kepada seluruh pemenang lomba yang telah memberikan penampilan terbaik dan semoga membawa hasil gemilang di tingkat provinsi nanti.Apa yang telah dinisiasi dan dikerjakan oleh seluruh Kader PKK Kota Baubau selama ini adalah implementasi dari perempuan dengan ilmu dan kepekaannya terhadap kondisi sosial, termasuk kepekaan dan kontribusi mereka dalam menjawab tantangan Kota Baubau bersama Pemerintah Kota, seperti Percepatan Penurunan Stunting, Pengendalian Inflasi dan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim.(adm)

You might also like More from author

Comments are closed.