Pj Wali Kota Bersama Kasdam XIV Hasanuddin Tutup TMMD

BAUBAU-Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024 di Kecamatan Sorawolio Kota Baubau berakhir pada 20 Maret 2024 ditandai dengan upacara penutupan secara resmi oleh Kasdam XIV Hasanuddin Brigjend TNI M. Syech Ismed, S.E., M.Han mewakili Pangdam XIV Hasanuddin di lapangan Samparona Kecamatan Sorawolio Rabu (20/3/2024).

Kegiatan upacara penutupan TMMD ke-119 di lapangan samparona Kecamatan Sorawolio juga dihadiri oleh Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si, pimpinan DPRD Kota Baubau, unsur Forkopimda dan kepala OPD lingkup Pemkot Baubau dan Camat Sorawolio serta lurah se Kecamatan Sorawolio.

Kasdam XIV Hasanuddin Brigjend TNI M. Syech Ismed, S.E., M.Han mewakili Pangdam XIV Hasanuddin mengatakan, upacara penutupan ini menandai berakhirnya program TMMD ke-119 yang dilaksanakan secara serentak yang dimulai pada tanggal 20 Februari 2024 sampai dengan 20 Maret 2024 di tempat wilayah Kodam XIV Hasanuddin di antaranya Kabupaten Pinrang, Gowa, Mamuju dan Kota Baubau.

Menurut Brigjend TNI M Syech Ismed, SE, M.Han, TNI bersama berbagai komponen masyarakat bahu-membahu menyelesaikan sasaran TMMD ke 119 baik fisik maupun non fisik. Hal tersebut sejalan dengan tema TMMD yaitu dharma bakti TMMD mau wujudkan percepatan pembangunan wilayah. Adapun upaya-upaya yang telah dilakukan oleh satuan jajaran Kodam XIV Hasanuddin pada TMMD ke-119 kali ini antara lain adalah program rehabilitasi RTLH sebanyak 2 unit, peningkatan jalan sepanjang 3.996 meter, pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 4880 meter dan pembuatan jembatan 1 buah.

Kemudian pada program unggulan kasar yaitu manunggal air 4 unit, ketahanan pangan 60 hektar, rehabilitasi rth 5 unit, pembuatan mck 3 unit, masjid 3 unit, rehab sekolah 1 unit, tempat wudhu masjid satu unit, penanaman 1.350 pohon, pembersihan sungai satu lokasi, pembersihan lingkungan 2 lokasi, pembersihan pasar satu lokasi, transplantasi terumbu karang 1000 anakan, pemungutan sampah plastik satu lokasi, pendampingan dan penyuluhan stanting satu kali, penyuluhan petani terpadu satu kali, serta penyuluhan ketahanan pangan satu kali.

Sedangkan sasaran non fisik di arahkan pada peningkatan ilmu pengetahuan dan nasionalisme dengan melaksanakan penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, kesehatan, peternakan, penggunaan media sosial dan stunting atau gizi buruk.

Brigjend TNI M Syech Ismed, SE, M.Han mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan kerja keras para prajurit TNI dan Polri aparat Pemda terutama PJ Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si serta seluruh komponen masyarakat lainnya sehingga kegiatan TMMD ke-119 dapat berjalan dengan sukses aman dan lancar di Kota Baubau.

Kasdam XIV Hasanuddin Brigjend Syech Ismed, SE, M.Han berharap semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI, rakyat serta seluruh komponen masyarakat dapat dipertahankan. Kemudian, rawat hasil program TMMD ke-119 sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang lama kepada para Satgas TMMD melakukan evaluasi secara menyeluruh dan optimalkan sisa waktu yang ada dalam menyiapkan produk laporan dan lomba karya jurnalistik TMMD ke 119.(adm)

You might also like More from author

Comments are closed.