Terkait Berita Viral, Kadis Kesehatan Baubau Bela Kepala Puskesmas Bungi

BAUBAU-Terkait beredarnya pernyataan sikap sejumlah tenaga medis di Puskesmas Bungi Kota Baubau di salah satu media sosial, Kadis Kesehatan Kota Baubau dr Lukman, SPPD kepada sejumlah media mengakui yakin sudah melakukan langkah-langkah evaluasi internal, menilai kinerja dari Kepala Puskesmas Bungi Dr Winda Dian Permatasari. Terutama kepatuhan terhadap asas, prosedur dan kebijakan dalam menyelesaikan persoalan.

”Mari kita junjung tinggi asas dalam melakukan evaluasi-evaluasi terhadap kinerja seorang ASN, seorang kepala puskesmas sebagaimana yang dituduhkan terkait hal tersebut. Mari sama-sama kita terus memantau layanan kesehatan di daerah kita sebagai layanan publik. Silahkan kami dikritik sekeras-kerasnya dan berikan juga kami solusi dan dukung kami dalam berupaya mewujudkan layanan kesehatan di daerah ini dan berupaya mewujudkan semua transformasi dibidang kesehatan,”ujar dr Lukman.

Ucapan terima kasih kepada masyarakat disampaikan atas partisipasi aktif mengontrol kinerja Dinas Kesehatan, bagaimana bekerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan di bidang kesehatan.

Sebagai Aparatur Sipil Negara tentu dalam bekerja juga mengingat ada core value ada nilai-nilai inti sebagai seorang aparatur sipil negara dalam memberikan pelayanan itu dikenal dengan core value berakhlak.

“Berakhlak disini berorientasi pada pelayanan, artinya kami dalam memberikan pelayanan semua fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) semua puskesmas yang memberikan pelayan langsung ke masyarakat dan semua organisasi-organisasi pemberi pelayanan langsung kepada masyarakat itu pasti akan berupaya melakukan perbaikan-perbaikan pelayanan dari waktu ke waktu,” jelas dr Lukman.

Disampaikan, saat ini ada agenda transformasi bidang kesehatan yang harus diwujudkan dan kota Baubau sudah mengarah kesana, sudah mengarah pada perbaikan-perbaikan layanan dan dalam upaya bertransformasi layanan dalam memberikan layanannya kepada masyarakat.

Selanjutnya yang menjadi core value adalah bagaiman pelayanan yang diberikan itu bisa akuntabel, artinya setiap orang bisa memantau pelayanan yang diberikan, bisa bersikap jujur dalam memberikan pelayanan dan bertanggungjawab terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.

Dikatakan, Core Value selanjutnya adalah berkompeten.

“Saya sangat yakin bahwa semua nakes saya, semua pemberi layanan baik itu di fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun di rumah sakit pasti selalu berupaya meningkatkan kompetensinya dan hanya nakes-nakes kompenten dan yang memiliki sertifikasi yang bisa memberikan pelayanan di puskesmas yang ada di kota Baubau. jadi jelas memiliki kompetensi, memiliki alur pekerjaan dalam memberikan pelayanan ke masyarakat,” tegasnya.

Disamping itu, Core Value berikutnya adalah kolaboratif yaitu selalu berupaya bekerja sama dengan berbagai pihak entah itu stakeholder, masyarakat dan sesama teman bekerja. Hal ini sangat kita harapkan sehingga roda pelayanan roda organisasi, pelayan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) kita bisa berjalan dengan baik. Core value selanjutnya, adalah adaptif juga menganjurkan kepada pemberi pelayanan kepada semua nakes, kepala puskesmas untuk adaptif cepat menyesuaikan diri terhadap berbagai dinamika di masyarakat, tehadap perubahan-perubahan yang terjadi dimasyarakat karena sesungguhnya yang melaksanakan atau yang merasakan baik tidaknya pelayanan yang kita berikan itu adalah masyarakat, oleh karena itu harus kita ketahui bersama seluruh puskesmas fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), rumah sakit di daerah ini sudah melewati fase akreditasi sebagai lembaga pemberi layanan. Sudah melewati layanan akreditasi artinya bahwa sudah memenuhi standar mutu dalam memberikan pelayanan. Sehingga sudah ada perubahan-perubahan yang terus berlanjut dalam kita memberikan pelayanan ke masyarakat dan dalam memasuki agenda transformasi dibidang kesehatan.

”Selanjutnya core value berakhlak yang harus kami ingatkan bahwa kita harus loyal, loyal kita sebagai ASN menjaga nama baik ASN, menjaga nama baik institusi kita dan tetap juga dalam koridor pada ideologi Pancasila dan UUD 1945. Itu merupakan core value dalam kita sebagai ASN dalam memberikan pelayanan kemasyarakat,”tutupnya.(adm)

You might also like More from author

Comments are closed.