Dinas PU Gelar Sosialisasi Awal Pelaksanaan Kegiatan Pengelolaan Sistem Air Limbah Domestik Perkotaan

BAUBAU-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau mulai melakukan sosialisasi tahap awal kegiatan program pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domoestik perkotaan. Kamis 2 Mei 2024, Dinas PUPR menggelar sosialisasi di Keluarahan Wangkanapi, Kecamatan Wolio.

Peserta Sosialisasi tahap awal kegiatan pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domostik daerah perkotaan . FOTO; KEPTONNEWS.COM

Kegiatan tersebut dibuka oleh Lurah Wangkanapi, Wa Ode Nurhasannah, S.STP. Sosialisasi dihadiri para ketua RT/RW se Kelurahan Wangkanapi, Babinkamtibmas dan Babinsa. Saat membuka kegiatan sosialisasi, Wa Ode Nurhasanah berharap program pembangunan, khususnya Sanitasi Masyarakat (Sanimas) tahun 2024 di Kelurahan Wangkanapi dapat berjalan dengan baik.

Tahun 2024, Kelurahan Wangkanapi mendapat porsi anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk program pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domoestik, denga fokus pada pembangunan tanki septik skala individual perkotaan minimal 50 KK.

Menurut Kepala Seksi Bidang Cipta Karya, Aswan Amin ST, di Kelurahan Wangkanapi akan dibangun sebanyak 57 tangki septik, lebih banyak dibanding yang dilaksanakan tahun 2023. Porsi anggaran untuk pembangunan tanki septik bertambah karena Wangkanapi ditengarai sebagai wilayah yang masih rawan stunting.

Kaarena itu lanjut Aswan, pengelolaan sistem air limbah menjadi sangat penting, dalam rangka mewujudkan pola hidup bersih masyarakat dan mendukung program pemerintah mencegah dan mengurangi resiko stunting di tingkat kelurahan. Dijelaskan, pembangunan Sanimas, merupakan program pemerintah pusat yang dikucurkan atas adanya usulan dari pemerintah kelurahan. (adm)

You might also like More from author

Comments are closed.