Eks Rujab Bupati Buton di Baubau ‘Kembali Terang’

BAUBAU- Setelah sekian lama bangunan eks Rumah jabatan (Rujab) Bupati Buton yang terletak di kawasan jalan Balai Kota Baubau tidak terawat dan ditumbuhi rerumputan, dua hari belakangan ini tampak ‘kembali terang’ setelah dibersihkan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Baubau.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau H. Andi Hamzah Machmud, S.Sos., M.Si pada Minggu siang ini (12/5) mengatakan pembersihan ini adalah upaya Pj. Wali Kota Baubau Dr. Muh. Rasman Manafi SP., M.Si untuk menjaga dan merawat keberadaan aset-aset bangunan-bangunan yang terletak di Kota Baubau.

“Secara administrasi Eks Rujab Bupati Buton ini telah menjadi aset Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sehingga perawatannya juga dilimpahkan ke Pemprov Sultra. Hanya saja karena kondisinya telah ditumbuhi rerumputan liar, setelah dikoordinasikan ke Pemprov, Pak Wali meminta pihak DLH untuk melakukan pembersihan, Alhamdulillah kondisinya sekarang kembali terang,” kata Andi Hamzah.

Pembersihan dilaksanakan sejak Sabtu dan Minggu yang dipimpin langsung Kadis DLH, Halfia Hamiru, yang melibatkan kekuatan penuh Dinas Lingkungan Hidup.

Untuk diketahui, bangunan eks Rujab Bupati Buton di Kota Baubau tergolong situs daerah bersejarah, yang peruntukannya kini sebagai Rumah jabatan Gubernur Persiapan Calon Provinsi Kepulauan Buton, kelak jika terbentuk. Sayangnya, bangunan ini tidak ditempati, sehingga kondisinya tidak terawat, dan beberapa interior bangunan mengalami pelapukan termakan usia. (**)

You might also like More from author

Comments are closed.