GTRA Summit, Hotel dan Penginapan Habis Diboking

WAKATOBI – Pertemuan pucak Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Wakatobi pada 8-10 Juni mendatang, membawa berkah buat masyarakat di daerah julukan “surga nyata di bawah laut” itu.

Pasalnya, berdasarkan data dari Koordinasi Seksi Akomodasi panitia pelaksana GTRA Summit 2022 dan Kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), sebanyak 219 kamar Hotel di Pusat ibu kota Wakatobi sudah terbooking. Pihak panitia juga menyiapkan 223 kamar tambahan yang terdiri dari 113 kamar hotel dan penginapan, 45 home stay dan 65 rumah pejabat untuk undangan diluar peserta seperti gubernur, Bupati/Wakli Kota serta ratusan keamanan TNI dan Polri.

Bupati Wakatobi, H. Haliana mengungkapkan bahwa GTRA Summit 2022 yang akan dilaksanakan di Wakatobi adalah momentum besar untuk Wakatobi sebagai daerah pariwisata nasional. Apalagi kegiatan ini akan dihadiri langsung oleh Presiden RI, Jokowi Dodo.

Politisi PDI- Perjuangan itu berharap agar para pengusaha Hotel hingga Restoran menunjukkan sikap yang profesional kepada setiap para tamu. “Kita harapkan kepada para Pemilik Hotel, Restoran agar lebih profesional. Kepada masyarakat bahwa ini momentum. Kita di Wakatobi sangat welcome kepada siapapun yang datang ke Wakatobi,” pinta Haliana, Kamis (2/6).

Termasuk untuk pelaku rental dan tukang ojek. Katanya, selama pelaksanaan GTRA Summit nanti, kemungkinan semua mobil rental akan terpakai. Itu karena Pemda Wakatobi keterbatasan kendaraan roda empat walaupun untuk kendaraan sudah meminta suplay dari pihak Provinsi.

Orang terwahid di Wakatobi ini melanjutkan selain persoalan kenyamanan para tamu, pihak Hotel dan Penginapan juga wajib tetap menjaga penerapan CHSR atau Prokes. Sementara untuk Restoran kata Haliana, utamakan memperhatikan masalah higienisnya, tatacara penyajian makanan, serta menu-menu andalan sebagai daerah pariwisata.

Mengingat banyaknya tamu yang akan datang ke Wakatobi nantinya, pihak panitia sementara ini juga masih mencari rumah-rumah warga yang presentatif untuk tempat menginap. Sebab selain dari Rombongan Presiden serta para Menteri, sebanyak 46 Bupati/Walikota serta delapan Gubernur sudah mengkonfirmasi untuk hadir dalam GTRA Summit 2022.

Para tamu yang akan ke Wakatobi ada juga peserta Aspek Sindo yang memang ada kegiatannya di Wakatobi. (yus)

You might also like More from author

Comments are closed.